fbpx

Perkembangan teknologi yang terjadi tidak hanya memunculkan banyak peluang namun juga tantangan. Kita tidak bisa menampik bahwa tantangan yang semakin banyak apalagi di era disrupsi ini menuntut kita untuk terus beradaptasi. Dalam hal ini, seharusnya para milenial sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjalankan kehidupan. Salah satu yang menjadi perhatian dunia saat ini, adalah 10 skills wajib yang menjadi acuan bagi kehidupan di tahun 2020, versi World Economic Forum.

World Economic Forum dalam future jobs report tahun 2016, mengkomparasikan 10 skills yang dibutuhkan pada tahun 2015 dan yang dibutuhkan pada tahun 2020. 10 skills yang menjadi pedoman dalam bersaing pada tahun 2020 sebagai puncak revolusi industry 4.0 adalah Complex problem solving, Critical thinking, Creativity, People management, Coordinating with others, Emotional intelligence, Judgement and decision making, Service orientation, Negotiation, dan Cognitive flexibility.

 Sepuluh skills ini adalah kemampuan yang seharusnya mampu menjadi acuan untuk membentuk generasi milenial yang mampu terjun dalam pesaingan global di negeri ini. Sebab tanpa sadar, 10 skills ini pula lah yang merepresentasikan kebutuhan pekerjaan di masa depan. Indonesia sebagai negara yang harusnya mampu menghadapi arus globalisasi, sudah sepantasnya untuk mulai mengimplementasikan agar skill ini dapat diimplementasikan di masa depan. Mau tau apa aja? Ini dia skill yang harus kamu miliki di tahun 2020 :

1. Complex Problem Solving

Keterampilan ini secara alami muncul dengan kerja keras dan pengalaman kehidupan. Tidak ada aturan atau kerangka kerja spesifik yang harus kamu ikuti untuk menguasai keterampilan ini. Tetapi cara terbaik untuk menguasainya adalah dengan cara menghadapi masalah sampai akhirnya kamu menemukan solusi yang tepat.

2. Critical Thinking

Critical Thinking adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan mendalam tentang suatu masalah dan membuat penilaian logis. Ini adalah semacam pemikiran di mana kamu sendiri menganalisis dan memeriksa dan menghasilkan kesimpulan yang efektif. 

3. Creativity

Perusahaan mempekerjakan karyawan yang kreatif dan inovatif. Mereka ingin karyawan mereka menerapkan ide-ide baru dan berpikir “out of the box” agar bisa bersaing dan menawarkan hal baru yang menjadikan berbeda dengan perusahaan lain. Kamu harus bisa lebih kreatif baik dalam mendapatkan ide bisnis baru atau bahkan menemukan solusi permasalahan yang berbeda dan tak terpikirkan sebelumnya.

4. People Management

People Management adalah salah satu skill penting yang harus dipelajari seseorang untuk mencapai keberhasilan. Karena setiap pemimpin membutuhkan tim untuk mencapai tujuannya. Keberhasilan tim bisa dicapai jika pemimpin memiliki keterampilan dalam manajemen. Terlepas dari profesi dan pekerjaanmu, kamu akan selalu memerlukan keterampilan ini karena hal-hal besar tidak dapat dilakukan sendiri. Kamu perlu mengelola seluruh tim mu dan menjaga kekompakkan dalam tim.

5. Coordinating With Others

Coordinating With Others adalah bagian dari people management. Keberhasilan tim sangat tergantung pada koordinasi di antara para anggotanya. Karena memang sebuah tim tidak bisa menang hanya dengan upaya satu orang melainkan harus berkoordinasi dan kolaborasi setiap orang yang terlibat di dalam tim.

6. Emotional Intelligence

Emotional Intelligence mengacu pada kemampuan untuk mengendalikan dan mengelola emosi sendiri dan kemampuan untuk mengendalikan emosi orang lain juga. Menguasai keterampilan ini sangat penting untuk karakter pribadi kamu. Sebelum mengendalikan emosi orang lain, kamu harus terlebih dahulu mengendalikan emosimu. Hanya dengan begitu kamu dapat memengaruhi orang lain dan melakukan pekerjaan bersama.

7. Judgement And Decision Making

Skill ini dibutuhkan dalam perusahaan bahkan dalam kehidupan pribadi. Ini bukan hanya kemampuan untuk membuat keputusan dan menilai tetapi kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

                       a.    Service Orientation

Service Orientation berarti mencari berbagai cara untuk membantu orang lain. Jika kamu mampu membantu orang-orang di tim mu, maka hal itu bisa menentukan kualitas  kepemimpinanmu. Seorang pemimpin sejati adalah orang yang membantu timnya sukses tanpa meninggalkan siapa pun.

8. Negotiation

Mencapai kesepakatan yang diinginkan tanpa argumen atau perselisihan adalah kunci dari keterampilan negosiasi. Kebanyakan orang sering gagal membuat kesepakatan yang mereka inginkan, karena mereka kurang dalam keterampilan negosiasi. Skill ini bisa terlatih melalui pengalaman, meeting, dan percakapan dengan orang-orang di atas level posisimu.

9. Cognitive Flexibility

Cognitive Flexibility berarti kemampuan seseorang untuk menangani orang yang berbeda-beda. Individu yang berbeda memiliki pemikiran, ide, tindakan, pendapat, emosi yang berbeda maka harus diperlakukan dengan cara yang berbeda pula. Kamu harus adaptif untuk berbicara dengan orang yang berbeda. Ini membutuhkan kreativitas, pemikiran logis dan hubungan masyarakat yang baik. 

Nah sekarang kamu udah tahu kan skill apa yang perlu kamu pelajari dan tingkatkan di 2020 agar makin sukses lagi. Kalau kamu bisa mengauasai skill diatas, kamu akan mudah beradaptasi di pekerjaanmu bahkan kamu akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik di tahun ini! Good luck Sobat Sertifikasiku!

Menu
error: Alert: Content is protected !!
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hallo@sertifikasiku.com

× Need Support?