Kunci Sukses Di Dunia Profesi Training Of Trainer

training of trainer

Menjadi seorang Trainer atau seseorang yang berbiacara di depan publik adalah hal yang menyenangkan tapi juga menantang. Dikatakan menyenangkan karena tugasnya melatih orang lain menjadi lebih baik melaui materi dan kata-kata yang disampaikan. Sama seperti guru, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mulia. Namun, menjadi seorang trainer yang profesional dibutuhkan proses juga.

Training of trainer didefinisikan sebagai pelatihan kepada calon pelatih lain di dalam sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kinerja sistem.

Tugas dari Training of Trainer melakukan pelatihan di luar atau menggunakan jasa yang menyediakan pelatihan ini. Hal tersebut dilakukan agar karyawan perusahaan memiliki kemampuan mumpuni dalam berkerja.

Pasti Anda masih bertanya-tanya apa itu Trainer, sedangkan banyak orang berminat mengambil profesinya. Trainer sendiri dapat diartikan sebagai petugas untuk melatih pada calon pekerja dan dapat menghasilkan fee sampai jutaan setiap bulannya.

Apa yang dimaksud dengan training sendiri pasti terkadang menjadi pertanyaan sebagian orang. training sendiri lebih ditekankan pada sistemnya, bukan profesi pelatih atau lainnya. Jadi, bisa juga dimaksudnya sebagai proses pelatihan.

Baca juga : “Pentingnya personal branding di tahun 2021”

Cara Sukses Melakukan Pelatihan Training of Trainer

training of trainer

Sebagai calon seorang Trainer, Anda juga perlu mengetahui bagaimana menerapkan proses latihannya kepada peserta, sehingga dapat menghasilkan kesuksesan. Cara-cara sukses tersebut dijelaskan singkat sebagai berikut.

  1. Memiliki Interest untuk Diri Sendiri
    Hanya memiliki keinginan saja tidak bisa menentukan apakah keberhasilan melakukan pelatihan berjalan lancar. Anda perlu memiliki ketertarikan cukup kuat akan dunia pelatihan ini sampai benar-benar paham secara menyeluruh.
    Dengan melampirkan sertifikat training yang sudah didapat dari mengikuti sertifikasi Training Of Trainer kepada calon klien adalah langkah awal memulai kerja sama dan sebagai bukti kuat.
  2. Memiliki Skill Melatih
    Memiliki kemampuan atau skill dalam melatih sudah pasti harus dimiliki oleh seseorang ketika akan melakukan pelatihan Training of Tainer. Hal tersebut akan membuat calon pelatih selalu berhasil dan handal dalam pekerjaannya.
    Beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang pelatih yaitu, menguasai keterampilan berbicara kepada khalayak ramai, membaca efektif, menulis dengan rapi, solutif, jiwa menjadi seorang pemimpin, dan lain sebagainya.
  3. Memiliki Personality
    Selanjutnya pada saat akan melakukan pelatihan training of trainer, Anda juga perlu menciptakan personality pada diri sendiri. Personality ini dapat membuat seseorang menyampaikan metode-metodenya secara jelas kepada target. Hal paling mendasar terkait personality ini yaitu tulus ketika menyampaikan ilmunya kepada orang lain.
  4. Selalu Berpikir Kreatif
    Untuk dapat sukses dalam pelatihan training of trainer, seorang calon trainer juga sudah semestinya harus selalu berpikir kreatif. Dengan begitu, banyak dari masing-masing orang memahami bagaimana pola berpikir Anda.
    Selain itu, melakukan metode pelatihan ini dapat menjelaskan bagaimana kecerdikan Anda dalam bekerja, sedangkan banyak orang pasti merasa bahwa Anda adalah seorang yang jenius.
  5. Menjaga Kepercayaan Diri
    Menjaga kepercayaan diri tentu langkah terpenting dalam melakukan pekerjaan apapun, termasuk ketika sedang melakukan proses pelatihan training of trainer. Aura tersebut dapat membuat target tertuju kepada Anda saat mengajarkan sesuatu.
  6. Berani Mengambil Risiko
    Segala hal pastinya terdapat risikonya masing-masing, begitu juga ketika Anda menjadi seorang trainer kelak. Para calon trainer alangkah baiknya berupa menyampaikan program-program baru setiap pelatihan tersebut dilakukan.

Pada masa sekarang ini profesi sebagai trainer sangat dibutuhkan banyak perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu untuk melancarkan sistemnya. Sertifikasi training jadi solusi sebagai usaha agar seseorang dapat dikatakan kompeten. Sehingga kemampuan nantinya benar-benar dipercaya oleh klien.

Tentunya ada lembaga tertentu yang akan memberikan pelatihan sertifikasi. Jika tertarik menjadi seorang trainers, Sertifikasiku sebagai lembaga pelatihan membantu anda untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi Training Of Trainers yang berlisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dengan mengikuti pelatihan diharapkan dapat menunjang skill anda untuk menjadi seorang fasilitator atau trainer yang berkualitas. Yuk klik disini untuk daftar pelatihannya!

You might also like
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu