fbpx

Peluang Karir Digital Marketing Yang Akan Booming Di Tahun 2021

Dampak dari pandemi Covid-19 pada tahun 2020 khususnya di Indonesia membuat para pelaku usaha dan pebisnis mengalami penurunan. Meskipun begitu kesempatan peluang karir harus selalu ada dan terbuka lebar. Mengingat semakin berkembangnya zaman yang diikuti dengan kemajuan teknologi, memicu munculnya tren baru dalam dunia pemasaran khususnya Digital Marketing.

Digital Marketing sendiri merupakan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui platform digital. Tren pemasaran beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online). Konsep Digital Marketing yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha adalah melakukan pemasaran produknya dari mana saja dan kapan saja melalui internet.

Dengan meningkatnya penggunaan media digital oleh konsumen, semakin banyak juga perusahaan menggunakan pemasaran digital untuk mencapai target pasar. Ditambah zaman milenial seperti sekarang ini, Digital Marketing memberikan dampak posistif pada penjualan dan membantu mempercepat memenuhi target pasar perusahaan.

Kira-kira apa nih trend dalam dunia Digital Marketing yang diperkirakan akan booming di tahun 2021? Yuk kita simak dalam artikel di bawah ini!

  • Social Media Marketing

Pengguna media sosial aktif semakin hari semakin mengalami peningkatan, seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Sehingga para penjual memanfaatkan media sosial sebagai salah satu alat pemasaran. Di tahun 2021, perusahaan dapat menerapkan strategi social media marketing dengan memanfaatkan fitur-fitur pada media sosial yang ditawarkan untuk meningkatkan engagement user. Seperti contoh dalam media sosial Instagram dapat mengunggah konten produk di feed dan story Instagram.

  • Pencarian Suara (Voice Search)

Voice Search merupakan teknologi yang memiliki fitur seperti mesin pencarian informasi dengan menggunakan suara. Sampai saat ini sudah banyak pengguna memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan dalam penelusuran di Internet.

Sebagai contoh dari penggunaan fitur ini adalah Google sebagai pencarian informasi atau Siri untuk pencarian musik.

  • Artificial Intelligence Marketing

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan diperkirakan menjadi model pemasaran baru dalam hal ini untuk mempermudah proses pemasaran. Beberapa fakta dan penelitian ditemukan bahwa kemampuan kecerdasan buatan untuk mengolah data menjadi wawasan yang bermanfaat dan dapat membantu penjual yang melakukan kegiatan pemasaran di media sosial.

  • Email Marketing

Email Marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran dengan mengirimkan informasi produk yang dijual kepada pelanggan, contohnya adalah penawaran produk, promo yang berlaku, diskon, dan lainnya melalui Email.

Kegiatan pemasaran melalui Email ini lebih efisien dan cepat karena aktivitas penjualan langsung ditujukan pada target pasar.

  • Viral Marketing

Viral Marketing menjadi peluang paling besar diperkirakan dalam Digital Marketing di tahun 2021. Dalam pemasaran ini, penjual memanfaatkan sesuatu yang sedang tren atau viral yang terjadi di media sosial.

Penjual harus memperhatikan konten yang unik dan berbeda untuk menarik engagement. Contohnya adalah seperti pada media sosial TikTok, penjual dapat memanfaatkan fitur video yang ditawarkan dengan hashtag dan deskripsi.

Gimana nih sobat? Tertarik gak untuk menjadi seorang digital marketers? Pada intinya perusahaan harus mempersiapkan pemasaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi digital dan tren saat ini. Untuk menjadi seorang digital marketers kamu bisa ikut pelatihan Sertifikasi Digital Marketing loh untuk membantu anda mencapai cita-cita. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa kunjungi website SertifikasiKu.

You might also like

More Similar Posts

Menu
X
Selamat Datang di SertifikasiKu
Klik disini untuk Chat
FAQ
error: Alert: Content is protected !!