Sertifikasi Kompetensi, Kunci Sukses Dalam Bersaing Di Dunia Kerja

Sertifikasi Kompetensi Kunci Sukses Dalam Bersaing Di Dunia Kerja

Dalam bersaing di dunia kerja, para pencari kerja perlu menyiapkan diri untuk menunjukkan dirinya cakap dalam keterampilan khusus yang diperlukan. Namun, pada saat ini keterampilan dan kemampuan saja tidak cukup. Sekarang ini kita perlu memiliki bukti nyata tertulis dan sah secara resmi agar kemampuan yang kita miliki dapat dipercaya. Salah satu bukti yang dapat ditunjukkan adalah dengan memiliki sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

Dalam bersaing di dunia kerja, kita dituntut untuk menguasai skill yang diperlukan. Sebenarnya kalian bisa saja menguasai skill tersebut bahkan di atas skill yang dimiliki oleh para pencari kerja lainnya. Namun, dengan memiliki sertifikasi kompetensi menjadi kunci sukses yang memudahkan perusahaan untuk menilai kemampuan yang kamu miliki. Maka dari itu, memiliki sertifikasi profesi sangat direkomendasikan untuk membantu kalian bersaing di dunia kerja.

Jadi daripada kemampuan yang kalian punya tidak dianggap saat melamar suatu pekerjaan, kalian bisa menunjukkan kemampuan kalian dengan sertifikasi kompetensi yang kalian punya. Sebelum itu, kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu sertifikasi kompetensi dan apa saja manfaatnya!

Kenapa Harus Sertifikasi Kompetensi ?

Sertifikasi Kompetensi

         Memiliki Sertifikasi kompetensi bertujuan untuk uji kompetensi atau kemampuan yang dimiliki melalui pelatihan maupun pengalaman. Sertifikasi itu diberikan oleh organisasi yang mengetahui suatu standar kompetensi dalam bidang tertentu. Memiliki sertifikasi kompetensi menjadi bukti bahwa kita memiliki skill atau kompetensi yang sudah dilatih sebelumnya sesuai bidang kemampuannya.

      Sertifikasi yang diberikan oleh suatu lembaga berlisensi sudah dipastikan memberikan jaminan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan sudah mendapatkan standar kompetensi yang sesuai. Menentukan kredibilitasnya suatu sertifikasi itu sendiri bergantung pada lembaga yang memberikan sertifikasi tersebut. untuk mendapatkan sertifikasi tersebut tentunya sudah melewati rangkaian pelatihan yang dijalani

   Proses untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi perlu diperhatikan. Dengan adanya pelatihan dan uji kompetensi, bertujuan untuk memperkuat kompetensi seseorang agar benar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sehingga lembaga memberikan sertifikasi tersebut tidak asal atau sembarangan, jadi sangat dipastikan individu yang mempunyai sertifikasi teruji dan dinyatakan kompeten.

Manfaat Sertifikasi Kompetensi

Manfaat Sertifikasi Kompetensi

        Memiliki sertifikasi kompetensi memberikan nilai tambah untuk diri sendiri kepada perekrut atau perusahaan. Tapi sebenarnya manfaat itu tidak hanya untuk dirimu saja, tapi manfaat sertifikasi kompetensi juga ada banyak yaitu :

  • Manfaat Untuk Pekerja

–         mendapatkan pengakuan kompetensi.

–         Memiliki potensi untuk mendapatkan promosi profesi bidang dan pasar tenaga kerja.

–         Memiliki kesempatan yang lebih besar dalam pemenuhan persyaratan kerja.

–         Memelihara kompetensi dalam menunjang karir profesional.

  • Manfaat Untuk Perusahaan

–         Membantu remunerasi pada pekerja.

–         Meningkatkan produktivitas kerja.

–         Memudahkan rekruitmen dan promosi pegawai.

  • Manfaat Untuk Lembaga Diklat

–         Memastikan kompetensi sesuai kebutuhan industri.

–         Memastikan efisiensi dan efektivitas pengembangan program diklat.

Jadi daripada kemampuan yang dimiliki tidak di manfaatkan dengan baik, coba tunjukkan bukti keahlian kalian dengan sertifikasi kompetensi online. Dengan mengikuti segala prosesnya dari pelatihan sampai uji kompetensi yang dilakukan secara online, dan tentunya penting agar setiap para pencari kerja ataupun pekerja dapat memberikan hasil kerja yang baik dan berkualitas tentunya dapat dipertanggung jawabkan. Kalian bisa memiliki sertifikat kompetensi berstandar BNSP dengan mengikuti program pelatihan sertifikasi kompetensi online di Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu