fbpx

Sertifikasi Kompetensi Mempermudah Lulusan Perguruan Tinggi diserap Industri

Sertifikasi Kompetensi Mempermudah Lulusan Perguruan Tinggi diserap Industri

Pengertian Sertifikasi Kompetensi dan Keuntungannya Bagi Para Lulusan Perguruan Tinggi

Sebagai upaya dalam mengembangkan diri ketika menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan, tentu kamu tidak cukup hanya dengan belajar secara akademik saja bukan? Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh besar ketika kamu nantinya dihadapkan pada dunia kerja yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk mengikuti berbagai sertifikasi online yang kini banyak ditawarkan di berbagai tempat. Dengan adanya sertifikasi tersebut, maka nantinya kamu akan mendapatkan sebuah sertifikat dari tempat pelatihan yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Nah, sebelum membahas mengenai keuntungan apa saja yang didapatkan dari sertifikat tersebut, ada baiknya kamu simak beberapa penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini

Apa yang dimaksud sertifikasi kompetensi?

Sertifikasi Kompetensi

Meskipun dalam proses pelaksanaannya dikatakan hampir sama, namun baik sertifikasi kompetensi maupun sertifikasi profesi nyatanya ada perbedaan yang mendasar. Pada prinsipnya, sertifikasi kompetensi sendiri dikaitkan dengan keahlian (kompetensi) secara umum. Sementara untuk sertifikasi profesi, dikaitkan dengan keahlian (kompetensi) secara lebih khusus. Terlepas dari perbedaan tersebut, sertifikasi kompetensi berguna sebagai bukti bahwa kamu sebagai pemegang sertifikat mempunyai kemampuan yang memang telah diakui oleh lembaga yang telah mengeluarkan sertifikat tersebut. Tentu saja, bagi kamu mahasiswa yang hampir lulus sangat perlu mendapatkan sertifikasi kompetensi ini sebagai modal awal untuk terjuan di dunia kerja ke depannya bukan?

Apa saja keuntungan memiliki sertifikasi kompetensi?

Keuntungan Sertifikasi Kompetensi

Setelah membahas mengenai pengertian sertifikasi kompetensi di atas, kamu juga harus mengetahui berbagai keuntungan yang didapatkan ketika memiliki sertifikasi tersebut seperti :

  • Dapat menguasai keahlian dalam suatu bidang

Meskipun proses untuk mendapatkan sertifikasi tidaklah mudah, namun jika kamu sungguh – sungguh untuk mendapatkannya tentu akan banyak mendapatkan berbagai keuntungan. Utamanya yakni menguasai keahlian dalam suatu bidang keahlian. Bahkan, kamu nantinya akan diuji oleh lembaga atau organisasi terkait dari segi kemampuan, tindakan kerja dan juga pemahaman dalam bidang yang dipelajari. Dengan adanya sertifikasi kompetensi ini maka kamu akan mendapatkan nilai plus jika dibandingkan dengan orang lain.

  • Sebagai pengakuan keahlian yang dimiliki

Dengan adanya sertifikasi kompetensi ini, maka keahlian yang kamu miliki akan diakui oleh banyak orang. Bahkan, perusahaan akan yakin untuk memberikan posisi pekerjaan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

  • Mampu menambah rasa percaya pada diri sendiri

Sebagai modal penentu masa depan, sertifikasi kompetensi ini juga dapat berguna untuk menambah rasa percaya pada diri sendiri. Hal ini bisa dilihat ketika kamu akan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Dengan bermodalkan sertifikasi kompetensi yang dimiliki, maka kamu akan lebih yakin untuk menjalani tes yang diberikan dari perusahaan. Sehingga, kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik dan puas akan keahlian yang kamu miliki.

  • Semakin mudah terbukanya kesempatan peluang kerja

Banyak perusahaan yang kini melihat para calon pekerja dengan melihat kemampuan yang dimiliki. Hal ini bisa menjadi tolak ukur bagi kamu untuk menyerahkan sertifikasi kompetensi saat akan melamar pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Sehingga, kesempatan peluang kerja akan lebih mudah dan terbuka lebar bagi kamu.

  • Dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki

Sertifikasi kompetensi yang dimiliki ini juga dapat meningkatkan kemampuan, sehingga tidak menutup kemungkinan jika ke depannya kamu akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik lagi untuk perusahaan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu
X
Selamat Datang di SertifikasiKu
Klik disini untuk Chat
FAQ
error: Alert: Content is protected !!