fbpx

Meskipun sertifikat dan sertifikasi tampaknya mengandung arti yang sama, nyatanya ada perbedaan antara sertifikat dan sertifikasi. Sertifikat diberikan setelah berhasil menyelesaikan pelatihan pendidikan atau kejuruan yang biasanya dilakukan oleh institusi tertentu, sedangkan sertifikasi secara legal menyetujui profesional untuk mendapatkan pekerjaan / konsultasi atau produk sesuai standar mereka. Sertifikat juga dapat diperoleh setelah proses pembelajaran sedangkan sertifikasi diperoleh setelah proses penilaian bagi pemohon yang memenuhi persyaratan lembaga sertifikasi. Penting untuk diingat bahwa istilah sertifikat mengacu pada dokumen yang membuktikan bahwa orang tersebut telah mendapatkan kualifikasi tertentu sedangkan sertifikasi istilah menyoroti proses sertifikasi.

Sertifikasi adalah proses sertifikasi profesional, layanan atau barang untuk kelayakan, kualitas atau standar mereka setelah proses evaluasi standar. Sertifikasi biasanya dilakukan oleh pemerintah / otoritas independen atau badan pengaturan standar yang diakui secara nasional maupun internasional, misalnya ISO, International Organization for Standardization untuk sertifikasi internasional dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk sertifikasi profesi nasional. Dalam mendapatkan sertifikasi perlu memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan evaluasi. Sehubungan dengan profesional, mereka mungkin perlu pengalaman selama bertahun-tahun yang dinyatakan agar memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dalam sertifikasi. Hasil sertifikasi menghasilkan kredensial yang dapat digunakan setelah nama professional. Jadi seperti gelar kalau sudah lulus sarjana. Nah, sertifikasi ini memiliki masa berlaku kurang lebih selama 3 tahun, tergantung sertifikasi di bidang apa dan Lembaga yang mengeluarkan sertifikasi.

Sedangkan sertifikat adalah bukti dokumenter tentang kualifikasi pendidikan atau kejuruan sedangkan sertifikasi adalah proses yang memberi kepercayaan kepada profesional atau pengakuan atas layanan / barang atas kualitasnya. Sertifikat diberikan oleh institusi pendidikan sambil mengotorisasi badan atau badan penetapan standar yang terlibat dalam sertifikasi. Sertifikasi mungkin memerlukan standar berkelanjutan untuk dipelihara. Sertifikat dapat diperoleh setelah berhasil menyelesaikan kursus oleh peserta manapun, sedangkan sertifikasi memerlukan sejumlah pengalaman dalam profesi untuk dipertimbangkan dalam sertifikasi.

Menu
error: Alert: Content is protected !!
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hallo@sertifikasiku.com

× Need Support?