Strategi dan Cara Instagram Marketing, Siap Cuan Maksimal!

Strategi dan Cara Instagram Marketing, Siap Cuan Maksimal!

Apakah Anda tahu sekitar 72 persen orang membeli produk setelah melihatnya di Instagram? Ini menjadikan Instagram salah satu media sosial terbaik untuk memimpin pemasaran media sosial untuk bisnis Anda. maka dari itu banyak para pelaku bisnis menggunakan Instagram Marketing sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan.

Instagram marketing adalah salah satu teknik pemasaran sebagai salah satu strategi dalam digital marketing yang paling diminati oleh para pelaku bisnis online. Ini dikarenakan Instagram merupakan satu di antara sosial media paling populer, khususnya di kalangan milenial. 

Pemasaran secara digital memang terbukti memberikan banyak keuntungan bagi para marketer. Ditambah dukungan teknologi serta perkembangan internet yang kian terus melaju. Sehingga menjadikan teknik ini kian dipercaya. 

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu menjalankan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan konversi penjualan. Agar penerapannya menuai hasil maksimal, Anda dapat menjalankan strategi berikut ini.

Baca Juga : Cara Efektif Tingkatkan Penjualan dengan Facebook Marketing

Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Online

Strategi dan Cara Instagram Marketing, Siap Cuan Maksimal!

Pemasaran Instagram adalah aktivitas mempromosikan produk melalui pembuatan konten maupun kampanye lain di sosial media tersebut. Agar kegiatan promosi di Instagram berhasil secara optimal, lakukan strategi berikut. 

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Cara memasarkan barang di sosial media ini secara efektif adalah menggunakan akun bisnis. Akun tipe bisnis menyediakan beberapa fitur unggulan yang tidak ada pada jenis akun pribadi. Misalnya terdapat fitur kontak. 

Fitur tersebut memudahkan Anda berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, fitur insights dapat digunakan untuk menganalisis engagement, kunjungan, serta menyusun strategi konten ke depannya. 

2. Lakukan Optimasi Profil

Cara berjualan di Instagram yang perlu diperhatikan yaitu melakukan optimasi pada profil. Caranya, gunakan username yang mudah dikenali serta ditemukan pelanggan. Gunakan juga logo brand sebagai foto profil.

Lengkapi profil dengan deskripsi singkat terkait bisnis Anda. Jangan lupa memasukkan CTA (call to action) agar pengunjung tahu bagaimana menghubungi Anda dengan cepat. 

3. Buat Konten Menarik dan Konsisten Mengupdate

Konten adalah raja dari sebuah akun bisnis. Untuk itu, pastikan mengisi feed Anda semenarik mungkin. Bukan hanya postingan produk, penting juga membuat konten informatif, hiburan, tutorial, hingga behind the scene.

4. Manfaatkan Semua Jenis Konten

Sosial media ini tidak hanya menyediakan feed utama untuk mengakomodasi konten marketing Anda. Manfaatkan pula fitur highlight atau sorotan, stories, hingga live. Maksimalkan semua jenis konten untuk mendapatkan audiens sebanyak-banyaknya.

lihat juga : Menjadi Profesional Digital Marketing

Maksimalkan Instagram Marketing dengan Ads

Strategi dan Cara Instagram Marketing, Siap Cuan Maksimal!

Instagram merupakan platform sosial media yang bisa digunakan secara bebas dan gratis termasuk tipe akun bisnis. Sehingga teknik pemasaran dengan sosial media ini bisa dibilang sangat membantu menghemat biaya promosi.

Meski demikian, tidak ada salahnya memanfaatkan fitur iklan. Mempromosikan barang dengan iklan memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens lebih luas lagi. Sehingga potensi meningkatkan konversi penjualan menjadi kian tinggi. 

Mempromosikan produk dengan fitur Ads memang memerlukan biaya tersendiri. Namun langkah ini layak dicoba mengingat hasilnya juga akan lebih maksimal. Ini adalah langkah penting untuk mengembangkan bisnis Anda.

Manfaat Menerapkan Strategi Instagram Marketing

Strategi dan Cara Instagram Marketing, Siap Cuan Maksimal!

Tentunya terdapat beragam keuntungan yang bisa diperoleh online marketer jika menerapkan strategi pemasaran satu ini. Berikut adalah beberapa manfaat menerapkan pemasaran Instagram untuk bisnis Anda.

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens 

Dengan cara berjualan di Instagram, Anda berkesempatan mendapat pelanggan baik lokal maupun internasional. Anda dapat menjangkau pelanggan dimanapun mereka berada secara efektif tanpa kesulitan. 

2. Platform Visual yang Cocok untuk Promosi

Instagram adalah platform sosial media berbasis visual. Ini memungkinkan Anda membuat berbagai konten keren untuk menarik pelanggan. Maksimalkan kreativitas untuk memanjakan mata audiens sehingga akhirnya mereka tertarik pada produk Anda.

3. Banyak Fitur yang Memudahkan

Melalui fitur Promoted Post, Anda bisa menargetkan audiens secara spesifik sekaligus mengatur budget sendiri. Fitur swipe up di Instagram stories juga memudahkan pelanggan sehingga mereka bisa membuat keputusan pembelian lebih cepat.

Untuk menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial tersebut, diperlukan konsistensi dan kedisiplinan serta pantang menyerah. Untuk keuntungan bisnis online yang berkembang baik di era digital ini, Anda perlu mengetahui dasarnya. 

Agar hasilnya lebih memuaskan, ada baiknya anda mengIkuti kelas pelatihan Instagram Marketing di Sertifikasiku untuk pembahasan pemasaran di media sosial khususnya di Instagram secara maksimal. atau jika anda ingin menambah skill lebih dalam lagi bisa mengikuti Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing di Sertifikasiku.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu