fbpx

Tips Agar Tetap Produktif Setelah Lulus Kuliah

Sudah lulus kuliah tapi masih nganggur? Berikut tips buat kalian agar tetap produktif setelah lulus kuliah

Harus tetap produktif setelah lulus kuliah adalah hal yang umum dilakukan setiap orang. Setiap orang saat lulus kuliah dituntut untuk mencari pekerjaan, akan tetapi di saat ini tidak sedikit para fresh graduate yang kebingungan dalam mencari kerja. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkan fresh graduate belum dapat kerjaan sampai saat ini.

Sebenarnya tidak semua orang ngerasain itu. Tapi kebanyakan orang suka merasa kebingungan harus lebih dulu melakukan apa untuk mendapatkan pekerjaan baru. Padahal harusnya para fresh graduate punya banyak waktu luang sambil menunggu panggilan, bukan?

Nah buat kalian yang masih bingung, sudah bukan waktunya untuk larut dalam kebingungan. Biar tidak kelamaan jadi pengangguran, berikut ada tips nih agar kalian tetap produktif setelah lulus kuliah. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Tetap produktif dan aktif mencari informasi lowongan pekerjaan

Saat ini banyak sekali cara untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan. Kalian bisa mulai dengan menelusuri internet, banyak situs internet yang berisi lowongan pekerjaan seperti Job Street atau LinkedIn. Selain internet, manfaatkan media sosial yang kalian miliki. Mulai dari Instagram hingga LinkedIn.

Kalian juga bisa mulai dengan mencari lowongan di career development yang ada di kampus. Sudah pasti banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan, bahkan kalian bisa saja di rekomendasikan oleh pihak kampus. Maka dengan memperbanyak informasi lowongan pekerjaan, akan memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan. Sehingga memungkinkan kalian untuk tetap produktif setelah lulus kuliah.

2. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya

Carilah pengalaman sebanyak-banyak nya sebelum bekerja, kalian bisa mengikuti program magang atau bekerja paruh waktu. Menjadi relawan atau volunteer juga dapat menambah pengalaman baru untuk kalian sambil menunggu panggilan kerja. Daripada lama nganggur setelah kuliah, mending isi waktu kosong kalian dengan tetap produktif melakukan kegiatan yang dapat menunjang karir kalian di masa depan.Jangan cuman menunggu panggilan saja dan jangan terlalu pemilih soal kerjaan. Karena sebagai seorang fresh graduate kalian masih di tahap awal sebelum memasuki dunia kerja. Tidak masalah mencoba suatu pekerjaan sampai kalian menemukan pekerjaan yang membuat kalian nyaman.

3. Tetap produktif dengan memulai bisnis online

Isi waktu kosong dengan berbisnis melalui media online juga tidak ada salahnya. Memulai bisnis sendiri menjadi cara cepat bagi banyak orang agar tetap terus produktif, khususnya para fresh graduate. Malah bagus kalau bisnis yang kalian bangun sukses, kalian bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.Apalagi saat ini pengaruh media sosial sangat besar dalam membantu perkembangan bisnis kalian. Bisa dengan mulai mencoba bisnis online dengan teman atau keluarga. Setidaknya kalian tetap produktif dan menghasilkan uang setelah lulus kuliah.

4. Mengikuti pelatihan atau kursus online

Sambil menunggu panggilan dari pekerjaan yang diinginkan, kalian bisa mempersiapkan diri dan mengasah kompetensi dengan mengikuti pelatihan. Dengan mengikuti pelatihan, kalian bisa memiliki sertifikasi kompetensi sesuai dengan kompetensinya. Tentunya dengan sertifikasi itu kalian harus melewati tahap uji kompetensi. Dengan mengikuti pelatihan, skill maupun kompetensi kalian akan diasah dan dilatih sampai menjadi seorang kompeten. 

Gimana nih sobat Sertifikasiku? Udah siap terjun ke dunia profesi setelah lulus kuliah? Sambil menunggu panggilan, sebaiknya kalian isi waktu kosong kalian dengan melakukan kegiatan yang membantu menunjang karir sehingga tetap produktif setelah lulus kuliah.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu