fbpx

Tips Belajar Online yang Efektif dan Efisien di Masa Pandemi

belajar online

Saat-saat pandemi seperti sekarang ini, bukan hanya orang tua yang melakukan pekerjaan dari rumah, tetapi dari siswa hingga mahasiswa juga ikut belajar dari rumah. Tentunya dengan metode belajar di rumah karena pandemi, kita memerlukan cara belajar online yang efektif serta efisien. Karena tidak menutup kemungkinan setiap orang disaat seperti ini, jika sudah dirumah akan menjadi kaum rebahan.

Pada saat kondisi masih normal saja, kegiatan belajar mengajar masih sering tidak kondusif. Kegiatan belajar dari rumah tentunya akan lebih tidak kondusif lagi karena tidak ada seseorang seperti guru yang mengontrol kegiatan belajar secara langsung.

Tapi sekarang meskipun kegiatan belajar di rumah masing-masing, para pelajar harus sanggup memposisikan dirinya untuk tetap belajar online secara efektif serta efisien. Berikut ada tips-tips nih buat kalian agar belajar online nya berjalan dengan efektif.

belajar online

1.      Siapkan ruangan khusus untuk belajar online

Ruang belajar online sudah tersambung tiba-tiba ada anggota keluarga kalian yang mengganggu, itu menjadi salah satu kendala belajar online yang kurang efektif. Ciptakan suasana ruangan di rumah yang tenang dan senyaman mungkin. Hindari belajar online di kasur karena memicu kamu mengantuk di tengah kegiatan belajar online. Kalau kamu udah membuat ruangan belajar kamu nyaman, kegiatan belajar online kamu jadi lebih efektif dan juga efisien.

membuat jadwal belajar online

2.      Buat jadwal belajar online yang konsisten

Ini penting buat kalian terapkan apalagi jika kalian mengikuti pembelajaran online sambil bekerja. Disini manajemen waktu kalian akan sangat dibutuhkan. Pilihlah waktu belajar yang bisa kalian ikuti tanpa mengganggu aktifitas kalian yang lain. Hal ini juga harus didukung oleh jadwal belajar online yang kalian ikuti. Untuk itu, kalian bisa mengatur dan carilah jadwal kelas belajar online yang fleksibel.

internet belajar online

3.      Pastikan internet kalian stabil selama belajar online

Nah, ini yang paling penting! Jaringan internet yang tidak lancar menghambat keefektifan belajar online. Jadi sebelum belajar online dimulai, kalian wajib pastikan koneksi internet kalian baik. Dengan begitu, jadi lebih fokus saat belajar online.

Kalau koneksi internet kalian tidak stabil, kegiatan belajar online yang sedang berlangsung jadi kurang efektif. Pastikan jaringan Wi-fi di rumah  lancar, atau jika menggunakan sinyal handphone pastikan kuota kalian cukup dan jaringannya bagus.

persiapan belajar online

4.      Siapkan minum dan makanan ringan jika diperlukan

Sediakan air mineral dan makanan-makanan kecil untuk menemani belajar online. menyiapkan makanan dan minuman agar kamu tetap fokus dan tidak bolak-balik disaat tiba-tiba kehausan atau kelaparan. Usahakan sedia air mineral dan buah-buahan, karena di masa pandemi kamu harus tetap menjaga kesehatanmu dengan konsumsi buah-buahan. Hindari mengkonsumsi makanan-makanan ringan yang tidak sehat, apalagi yang mengandung MSG.

ringkasan belajar online

5.      Selesai belajar online, buat ringkasan evaluasi belajar

Hal ini untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang kalian dapat, skill baru apa yang sudah bisa dipraktekkan, dan hal apa yang sekiranya belum tercukupi. Jika tahap evaluasi sudah dilakukan, jadikan itu sebagai catatan untuk menentukan apakah butuh tambahan kelas belajar online atau tidak, agar kelas belajar online yang kamu ikuti tidak berakhir sia-sia dan kamu tidak mendapatkan ilmunya.

Kegiatan belajar online dan offline tentunya sangat berbeda. Review materi pembelajaran pada saat selesai belajar online sangat diperlukan karena materi yang disampaikan saat belajar online pasti sulit dipahami. Karena itu kalian harus meluangkan waktu dengan me-review dan belajar secara mandiri materi pembelajaran online ketika sudah selesai.

Nah itu dia tips-tips yang bisa kalian lakukan saat sedang belajar online sehingga lebih efektif dan juga efisien. Kalau belajar online versi kalian gimana nih sobat SertifikasiKu, sudah efektif belum? Kalau belum coba ikuti tips-tips di atas yuk agar tetap fokus dan lancar.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu