Tips Perencanaan Keuangan Bikin Anak Muda Anti Kere

Halo Sobat Sertifikasiku, kalian pasti pernah pusing memikirkan keuangan, itu normal banget apalagi anak muda banyak keperluan dan pengeluaran. Perencanaan keuangan menjadi suatu hal yang penting diketahui oleh setiap orang khususnya anak muda. Bahkan di saat bangku sekolah seharusnya sudah ada pembelajaraan mengenai perencanaan keuangan khususnya tips perencanaan keuangan itu sendiri.

Gaya hidup anak muda jaman sekarang yang tinggi seperti nongkrong, belanja online, tanpa memperhatikan kondisi keuangan. Ketika kalian sudah merasa masalah keuangan kalian mengganggu ini juga bisa membuat kondisi mental kalian jadi tidak baik. Mungkin sudah saatnya nih buat kalian untuk segera cari tahu bagaimana tips perencanaan keuangan yang bisa bantu kalian anti kere. Karena kondisi keuangan kita saat ini sangat berpengaruh pada kondisi keuangan kita di masa depan.

Baca juga : Investasi untuk Mahasiswa

Alasan Kenapa Anak Muda Harus Melakukan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan
  • Zaman yang semakin berubah dan berkembang

Tidak selamanya kan kalian jadi mahasiswa dan terus-terusan bergantung dengan orang tua? Semakin bertambahnya usia juga semakin berkembang tren. Semua jadi lebih mudah hanya dengan sekali “klik”. Semua hal-hal yang membuat kita menjadi impulsif semakin dipermudah sama saja seperti menghabiskan pendapatan sebulan jadi lebih mudah hanya dengan sekali klik.

  • Lebih mengetahui prioritas

Dengan melakukan perencanaan keuangan kalian akan mengetahui cara mengatur keuangan untuk mencukupi kebutuhan kalian sehari-hari. Membantu juga untuk menentukan apa yang ingin diraih di masa depan. Contohnya untuk beli rumah atau untuk traveling. Nah dengan perencanaan keuangan ini dapat membantu untuk strategi bagaimana mencapai rencana tersebut.

  • Hari tua menjadi tenang

Mahasiswa sebagai generasi milenial mengatur keuangan untuk masa depan. Buat hari tua kalian jadi lebih mandiri secara finansial. Kalau sudah perhatian dengan finansial dari muda, mandiri secara finansial di usia muda bisa membuat hari tua jadi lebih tenang.

Tips Perencanaan Keuangan Untuk Anak Muda

Tips Perencanaan Keuangan Untuk Anak Muda
  1. Buat budget dengan tips 40-30-20-10

Yes, budgeting disini penting banget sob! Supaya kalian tahu uang kalian lari kemana aja. Kalau kalian tahu uang kalian lari kemana aja tentunya akan bermanfaat banget buat kalian gak akan kaget dan stress pas tiba-tiba uangnya sudah habis.

Budgeting tips 40-30-20-10 maksudnya adalah melakukan perencanaan dan membuat anggaran sesuai prioritas. Pembagiannya adalah 10% untuk sosial atau lifestyle, 20% post masa depan seperti tabungan dan investasi, 30% untuk cicilan (jika ada), 40% kebutuhan dan gaya hidup.

  1. Jangan berhutang!

Hutang biasanya jadi masalah bagi anak muda untuk memenuhi gaya hidupnya. Hutang membuat diri capek dan terbebani secara psikis. Jika sudah terlanjur, tapi ingin tetap memiliki keuangan yang stabil. Jadi  salah satu cara untuk mengurangi beban hutang tersebut adalah dengan mengurangi jumlah hutang yang kamu miliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini sob, misalnya kalian perlu melakukan re-budgeting. Hutang yang paling besar harus dilunasi dulu. Kalian perlu buat rencana dan strategi untuk mengurangi hutang, misalnya dengan kontrol uang dan turunkan gaya hidup kalian seperti ke kantor/kampus membawa makan dari rumah, stop belanja konsumtif yang tidak terlalu dibutuhkan agar hutangnya segera lunas.

  1. Menyiapkan dana pensiun

Ya memang sih sekarang kalian masih muda, tapi apa salahnya menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Dan ini penting banget sob! Kalian perlu memastikan kondisi keuangan kalian aman untuk sehari-hari meskipun sudah tidak dalam usia produktif atau saat sudah tidak kerja lagi. Jika kalian sudah punya tabungan pensiun, hanya tinggal tambahkan saja nominal tersebut.

  1. Mulai investasi atau tambahkan investasi

Investasi tidak harus selalu dengan uang kok sob. Faktanya investasi ilmu tidak kalah penting. Mau investasi di saham, kalau tidak punya ilmunya pasti akan rugi juga. Jadi sebelum merambah ke investasi saham ada baiknya kamu berinvestasi ilmu dahulu.

Atau kalian bisa mencoba investasi one click. Investasi ini juga cocok untuk anak muda karena bisa dimulai dari 10 ribu rupiah. Kalian bisa mencoba reksadana atau obligasi yang penggunaannya sudah mudah untuk kaum muda. Nominal tidak masalah, yang terpenting mulai. Apalagi dengan posisi seperti ini kenaikannya luar biasa untuk investasi. Yang jadi masalah adalah mental diri kita mau atau tidaknya.

Yuk, mulai atur keuangan kalian dengan baik selagi masih muda. Dengan mengetahui tips perencanaan keuangan, harapannya kalian juga dapat menentukan target masa depan. Manfaatnya tidak hanya saat ini tapi juga di hari tua lho. Nah penjelasan lebih dalam tentang perencanaan keuangan untuk anak muda bisa kalian temukan di Kelas Pelatihan Sertifikasiku “Cara Mengelola Keuangan Untuk Milenial”

You might also like
Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu