fbpx

24 jam dalam satu hari kayaknya memang lama, tapi sebenarnya tidak akan terasa cukup apalagi kalau sudah terjun di dunia kerja. Mungkin akan ada banyak sekali pekerjaan yang menumpuk dan menuntut untuk segera diselesaikan. Bagi orang yang tidak bisa mengatur waktu, tentu hal ini akan mempersulit tingkat produktivitas dalam karier mereka.

Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena ada kok beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur waktu supaya tetap produktif walau sudah kerja seharian!

 

  1. Buat to do list

Membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan selama seharian penuh itu penting, loh. Karena daftar ini yang nantinya akan membantu kamu memilah hal-hal kurang penting dan mungkin bisa kamu lakukan di lain waktu. Saat lagi kerja, pasti bakal ada aja gangguan yang akhirnya buat kamu susah fokus. Nah, to do list ini berguna untuk mengingatkan kamu kembali ke pekerjaan apa aja yang harus kamu selesaikan hari itu.

Selain itu to do list juga bisa membantumu untuk mengetahui pekerjaan mana yang sudah selesai dan mana yang belum dan menentukan pekerjaan yang mudah dan susah. Disarankan juga, kamu memulai mengerjakan dari yang paling gampang dulu. Berdasarkan studi yang dilakukan Teresia dan Steven dari Harvard Business School yang menganalisa sekitar 12ribu catatan kerja dari 238 pegawai di 7 perusahaan, ternyata pegawai menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah duluan biasanya memiliki rasa accomplishment yang tinggi. Jadi saat kamu sudah bisa menyelesaikan 1 pekerjaan terlebih dahulu maka kamu akan merasakan kepuasan secara psikologis. Kepuasan secara psikologis ini ada dikarenakan hormon dophamine yang ada di otak kamu sehingga membuat kamu lebih nyaman dan bahagia.

 

  1. Hindari multitasking

Saat lagi serius bekerja, biasanya kamu bisa sampe lupa waktu. Trus menganggap dengan mengerjakan banyak pekerjaan dalam 1 waktu itu baik dan efektif. Padahal, sebaiknya kamu melakukan 1 pekerjaan dalam 1 waktu jangan malah mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu. Dikarenakan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Macrothink Institute International Journal of Human Resource Studies ternyata orang yang melakukan multi tasking justru 30% lebih tidak produktif. Jadi kalau kamu masih beranggap dengan melakukan banyak hal dalam 1 waktu itu produktif ternyata tidak benar ya😁

 

  1. Hindari Distraksi

Klise memang tetapi ternyata distraksi ini berpengaruh banget terhadap tingkat produktivitas dan efisiensi. Berdasarkan penelitian hasil kerja tanpa distraksi yang dilakukan oleh Udemy di tahun 2018, 75% orang lebih produktif ketika mereka kerja tanpa distraksi, 57% pekerja merasa hasil pekerjaan mereka lebih baik, dan 57% pekerja lainnya merasa mereka bisa mengejakan pekerjaan mereka secara lebih professional. Jadi kalo lagi kerja jangan keasyikan main gadget, ya! Biar tetap fokus dan produktif tentunya.

 

  1. Manfaatkan teknologi

Di jaman yang udah canggih ini, kamu juga bisa loh manfaatin berbagai macam apps atau website yang bisa membantu kamu untuk mempersingkat dan ngeorganize pekerjaan kamu. Misalnya trello (untuk desk organizer), evernote (buat buku catatan), slack (tempat diskusi urusan kantor), dan masih banyak lagi.

 

  1. Coba deh miliki kegiatan yang kamu sukai di luar jam kantor usai, olahraga atau belajar hal baru

Punya kegiatan lain di luar jam kantor sebenarnya bisa jadi alternatif supaya kamu tidak bosan sama kegiatan repetitif yang dilakukan tiap hari. Misalnya, kamu rutin berolahraga sepulang kerja atau ikut komunitas bahasa atau bahkan ikut les. Dengan begini, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu suka dan bermanfaat buat mu seperti ikut sertifikasi profesi yang bisa menunjang performa mu di dalam hal pekerjaan. Apalagi di sertifikasiku.com kamu bisa belajar secara online sehingga memudahkan kamu untuk belajar sertifikasi profesi kapanpun dan dimanapun!

Menu
error: Alert: Content is protected !!
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hallo@sertifikasiku.com

× Need Support?