fbpx

Saat ini sudah dua negara di ASEAN yaitu Singapura dan Filipina yang menyatakan resesi akibat krisis ekonomi yang terjadi di tengah pandemi Corona. Dari hal ini sejumlah pengusaha di Indonesia  memperkirakan ekonomi Indonesia juga akan memasuki resesi di kuartal III tahun 2020.

Mengikuti pengumuman oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen secara tahunan. Ini menjadi peringatan keras untuk Indonesia di kuartal ketiga 2020 yang dipercayai terjadinya resesi tidak akan bisa dihindari, tinggal bagaimana pemerintah mampu menjaga atau mengendalikan agar Indonesia tidak jatuh terlalu dalam sebagaimana Singapura yang mengalami resesi minus 41 persen dan Amerika Serikat minus 35 persen.

Melihat kondisi seperti ini tentu kita tidak bisa hanya berdiam diri pasrah mengikuti keadaan menunggu semua terselesaikan dengan sendirinya. Saat ini yang dibutuhkan adalah kerja sama yang baik antara pemerintah dan masayarakatnya untuk bisa bersama-sama melalui krisis ini.

Pemerintah berusaha dengan kebijakannya dan masyarakat membantu dengan tindakannya. Seperti beberapa hal berikut yang bisa kita lakukan untuk berhasil melewati masa-masa ini sebaik mungkin.

Persiapkan Dana Darurat

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mempersiapkan dana darurat, berapapun jumlah uang yang dimiliki sisakan sebahagiannya untuk keperluan darurat selama masa krisis ini, berjaga-jaga apabila mengalami kondisi keuangan yang lebih parah kedepannya.

Mulai Berinvestasi

Berikutnya yang juga perlu dilakukan adalah berinvestasi. Jika kamu memiliki simpanan uang tunai, dalam masa resesi akan lebih baik digunakan untuk berinvestasi mengingat ini adalah saat yang tepat untuk membeli saham dengan harga yang sedang turun. Sebagai tabungan jangka panjang apabila dana darurat sudah tidak mencukupi kebutuhan selama kondisi ini.

Membangun Aset Intelektual

Langkah terpenting berikutnya adalah dengan membangun aset intelektual. Yaitu dengan meningkatkan keterampilan dan kualifikasi diri. Salah satu strategi terbaik untuk menjaga maupun meningkatkan karier kamu saat ini dengan meningkatkan kemampuan dan mendapatkan gelar lanjutan. Hal itu bisa dilakukan dengan mengambil kursus secara online  atau mendapatkan sertifikasi penting apapun sebagai salah satu pendukung penting yang dapat membantu karier kamu lebih maju lagi.

SertifikasiKu siap memfasilitasi jika Kamu ingin mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi kompetensi yang bisa bantu Upgrade skill dan karier Kamu. Yuk segera #SertifikasikanDirimu. Bersama kita bantu pemerintah melewati kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

Menu
error: Alert: Content is protected !!
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hallo@sertifikasiku.com

× Need Support?