5 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Agar Lancar Saat Interview Online

5 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Saat Interview Online Di Masa Pandemi

Bagi Sobat Sertifikasiku yang saat ini lagi di masa pencarian kerja, pasti gak asing kan sama yang namanya interview online? melihat kondisi saat ini di masa pandemi di tahun sebelumnya menjadi banyak perubahan, terutama pada sektor lapangan kerja. Perubahan ini menghasilkan adanya tantangan dan peluang dalam karir yang akan dijalani di tahun ini. Maka dari itu, karena perkembangan digital di era saat ini mendukung perusahaan dan para pencari kerja untuk melakukan interview secara lain dibandingkan secara tatap muka.

Tapi… walaupun interview nya secara online, kamu harus tetap profesional lho sob! Karena gak semua orang bisa berbicara di depan kamera, baik itu kamera laptop ataupun kamera handphone. Beberapa orang pasti ada yang belum terbiasa berbicara di depan layar dan ada juga yang gugup. Biasanya dalam keadaan seperti ini, dapat menimbulkan kesalahan. Maka dari itu, para pencari kerja perlu mengetahui tips apa saja yang harus dilakukan agar tetap profesional dalam menjawab pertanyaan saat interview kerja.

Nah, jangan menggampangkan interview online ya sob. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik saat menjalankan interview kerja. coba beberapa tips dari Sertifikasiku ini yuk!

Tips Sukses Interview Kerja Online

  1. harus ready at least 10 menit sebelum interview online dimulai

Siap disini berarti harus siap dari segi teknis dan penampilan kamu ya sob. Persiapkan diri kamu setidaknya 10 menit sebelum interview dimulai, kamu sudah harus siap sehingga recruiter akan melihat kalau kamu niat dan sungguh-sungguh dalam interview ini.

  1. berpenampilan rapih

Walaupun kamu melakukan interview online di rumah, penampilan harus tetap diperhatikan yaa sob. Gunakan pakaian yang sopan dan terbaik kamu dengan berdandan yang rapi, dari sini pewawancara akan menilai keseriusan kamu.

Karena penampilan itu sama dengan cerminan diri. Bisa aja recruiter menilai kamu dari penampilan dahulu. Jangan karena interview online, kamu menganggap kalau rekruters tidak bisa melihat penampilan kamu ya.

  1. pilih tempat yang kondusif dan kondisi internet yang baik

Tempat efektif untuk melaksanakan interview kerja online adalah tempat yang gak terlalu ramai dan suasana yang tenang dan rapi. Kamu bisa melakukan interview online dimana saja asal gak terlalu ramai dan koneksi internet yang cepat.

Penting juga untuk diperhatikan bagi para job seekers, background dan pencahayaan saat interview online. perlu diingat untuk jangan duduk di tempat tidur karena dinilai memberikan kesan yang buruk. Pencahayaan juga diperlukan agar pewawancara tahu bagaimana wajah kamu saat interview kerja online berlangsung.

  1. Jawab dengan rasa percaya diri

Jangan mengalihkan pandanganmu dari kamera ketika menjawab pertanyaan interview online. Pastikan juga kamu percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan yaa. Kan udah berdandan rapi, semua hal teknis dan persiapan diri juga sudah aman.

Setelah itu jangan buang kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan karena kamu gugup jawab pertanyaan dari pewawancara. Anggap aja kayak lagi tanya jawab biasa bersama teman-teman kamu tapi dengan bahasa yang baik dan sopan. Relax aja ya sob saat menjawabnya dan jangan panik.

  1. Berlatih

Fokus dan persiapkan diri kamu dengan baik dengan cara berlatih. Gak ada salahnya kok latihan, kan interview online juga menentukan kamu dapat pekerjaan itu atau tidak. Bisa dengan membuat catatan sebelum interview online dimulai, atau dengan berlatih bersama teman dengan cara tanya jawab seolah-olah dia adalah pewawancara.

Nah Sobat Sertifikasiku sebagai job seekers sudah tahu kan nih bagaimana tips yang baik harus dilakukan saat interview online. Kemampuan berkomunikasi juga penting yaa sob bahkan jadi keterampilan yang wajib dimiliki setiap orang lho. Penggunaan bahasa yang baik sangat penting diperhatikan saat interview online. maka dari itu, kamu perlu nih meningkatkan skill bahasa kamu! Bisa dengan ikut kursus bahasa di Sertifikasiku lho.

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu