Belajar Bahasa Pemrograman yang Banyak Digunakan Web Programmer

sertifikasi web programmer

Profesi Web Programmer menjadi pekerjaan yang banyak digencari oleh masyarakat saat ini. Dengan tingkatan dan kemungkinan mendapatkan gaji yang tinggi dan pekerjaan yang fleksibel membuat banyak orang bahkan sampai anak muda pun tertarik untuk bekerja di bidang IT. Tidak menutup kemungkinan juga termasuk pada profesi Web Programmer.

Nah, jika ingin berkarir menjadi seorang Web Programmer, anda harus paham bahasa pemrograman, minimal harus kuasai bahasa pemrograman yang sering digunakan.

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menjalankan perintah tertentu. Saat ini, kebutuhan akan seorang programmer semakin tinggi. Hal ini dikarenakan hampir seluruh bidang kehidupan berpindah ke teknologi digital.

Salah satu programmer yang sangat dibutuhkan dalam industri saat ini yaitu adalah programmer web. Website menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak perusahaan besar maupun UKM. Oleh sebab itu permintaan menjadi seorang web programmer sangat banyak.

Untuk menjadi seorang web programmer tentunya bukan merupakan hal mudah. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang harus Anda kuasai dengan baik. Berikut kami simak beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai seorang Web Programmer!

Baca juga : Pentingnya Sertifikasi Profesi Untuk Karir Kamu Di Masa Depan

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi untuk Web Programmer

sertifikasi web programmer

Bahasa komputer tentunya sangat sulit untuk dimengerti oleh manusia. Oleh karena itu diciptakan bahasa tingkat tinggi agar lebih mudah untuk dimengerti. Berikut beberapa bahasa tingkat tinggi untuk seorang web programmer.

  1. Html dan CSS

Bahasa pemrograman web yang paling dasar dalam pembuatan website adalah html dan CSS. Jika Anda ingin menjadi seorang web programmer maka harus menguasai kedua bahasa ini.

Html (Hypertext Markup Language) merupakan elemen penyusun struktur di dalam website. Sedangkan CSS (Cascading Stylesheet) adalah elemen yang menghias struktur website. Keduanya berkolaborasi dalam membentuk front-end dari sebuah website.

  1. Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia saat ini. Bahasa pemrograman Java sudah dikembangkan sejak tahun 1990.

Telah digunakan untuk membangun banyak sekali aplikasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Salah satu kekuatan bahasa pemrograman yaitu adalah bersifat open source.

Bahasa pemrograman java Selain digunakan untuk membangun sebuah website juga biasanya digunakan untuk membangun aplikasi desktop. Bahasa satu ini merupakan salah satu bahasa yang sangat direkomendasikan jika ingin menjadi seorang web programmer.

  1. Python

Bahasa pemrograman Python bisa dikatakan menjadi salah satu bahasa yang memiliki sintaks sangat sederhana. Oleh karena itu, bahasa Python bagus untuk Anda pelajari jika merupakan seorang pemula.

Bahasa Python biasanya digunakan untuk pemrograman backend, akan tetapi juga dapat digunakan untuk front end. Bahasa pemrograman python sangat dinamis sehingga wajib dipelajari untuk menjadi web programmer handal.

  1. JavaScript

Dalam beberapa tahun terakhir bahasa javascript sangat populer dan banyak dipelajari oleh para programmer. Javascript biasanya digunakan untuk membangun front end sebuah website, akan tetapi kegunaan dari javascript yang lain juga sangat banyak.

Bahasa javascript sangat penting untuk dikuasai jika ingin mengikuti sertifikasi web programmer. Javascript dapat membuat tampilan website menjadi responsive dan juga menarik.

  1. PHP

Banyak sekali website yang sering kita jumpai menggunakaan bahasa pemrograman PHP. Oleh karena itu tidak mengherankan bahasa yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bahasa PHP sangat direkomendasikan untuk dipelajari jika ingin menjadi web Developer.

Untuk menguji kemampuan Anda sebagai seorang web programmer Anda dapat mengikuti sertifikasi kompetensi. Dengan memegang sertifikat programmer tentunya kemampuan Anda akan lebih diakui oleh orang lain.

Jika Anda berminat untuk memperdalam ilmu-ilmu untuk menjadi Web Programmer ada baiknya Anda mengikuti sertifikasi web programmer. Dengan begitu, kemampuan Anda akan menjadi lebih teruji dan juga orang lain lebih percaya terhadap kemampuan Anda.

Lihat juga : Tips Diterima Bekerja Di Perusahaan Startup

Dengan begitu nantinya Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Anda harus melakukan persiapan dengan baik ketika mengikuti sertifikasi web programmer. Karena tentunya untuk bisa lolos dan mendapatkan sertifikat bukan hal mudah.

Tentunya sebagai seorang web programmer pemula maupun profesional harus paham betul mengenai bahasa pemrograman seperti java, pyhthon dan lain sebagainya. Bersama Sertifikasiku, anda bisa mempelajari lebih dalam ilmu di bidang IT dengan pelatihan Sertifikasi Kompetensi Junior Web Programmer. Pelatihan ini bisa diikuti untuk Sobat Sertifikasiku karena bermanfaat untuk mengasah skill dan juga kebutuhan profesional, khususnya di bidang IT.

Tunggu apalagi nih? ingin berkarir sebagai programmer? yuk ikut kelas sertifikasi kompetensi di Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu