Kondisi Pasar Modal dan Strategi Investasi di Masa New Normal

Investasi

Hallo Sobat Sertifikasiku, di masa new normal saat ini hampir semua ekonomi di belahan dunia mengalami dampak yang cukup dalam. Beberapa negara termasuk Indonesia juga sudah menyatakan mereka sudah masuk tahap resesi. Di pasar modal tentunya investor masih belum menemukan kepastian dan masih ragu lagi untuk masuk pasar. Tapi kondisi pasar Indonesia saat ini masih naik turun namun mengarah ke arah positif.

Tentunya dengan arah yang positif, para investor harus dapat memanfaatkan momentum untuk mendapatkan sedikit cuan dari naik turunnya pasar. Lalu bagaimanakah strategi yang tepat untuk memanfaatkan momentum saat ini? Dan bagaimana gambaran secara makro dan mikro terhadap pasar modal di Indonesia?

Pada Webinar #FINFEST, President Director PT Aberdeen Standard Investment Indonesia Dr. Omar Sjawaldy Anwar membagikan ilmu yang bermanfaat mengenai kondisi pasar dan strategi investasi New Normal kepada Sobat Sertifikasiku. Untuk Webinar #FINFEST ini bisa kalian tonton di Official Channel Youtube Sertifikasiku yang berjudul “[Day-2 Finfest 2020] Kondisi Pasar dan Strategi Investasi New Normal –Dr. Omar Sjawaldy”.

Global Views and Market Forecast

kondisi pasar modal

Dr Omar menjelaskan beberapa pandangan secara global dan menekankan recovery untuk dunia secara keseluruhan seperti berbentuk kurva J terbalik, ini menjadi sinyal kapan untuk masuk kedalam pasar. Melihat kondisi saat ini dimana Indonesia sudah saatnya berada di tahap recovery. Pandemi saat ini membutuhkan peran pemerintah yang sangat besar digambarkan melalui grafik indikator perlindungan sosial yang terus meningkat. Dan ditambahkan adanya unlimited Support yang diberikan oleh menteri keuangan Bu Sri mulyani dan Bank Indonesia akan berdampak bagi ekonomi. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat melewati pandemi Covid-19 ini selama 2-3 tahun mendatang.

Sementara kami melihat krisis sebagai disinflasi dalam jangka menengah, baik dari sisi manapun dari distribusi probabilitas inflasi jangka panjang telah meningkat, bergantung pada bagaimana rezim kebijakan berubah selama beberapa tahun mendatang. Saat dihadapi krisis ekonomi besar seperti kondisi pandemic saat ini, faktanya banyak investor mengambil langkah dengan melakukan investasi yang berisiko lebih tinggi.

Tingkat Optimisme Masyarakat Terhadap Recovery

masa new normal

Kebanyakan masyarakat Indonesia di masa New Normal ini sangat berhati-hati dalam menggunakan uangnya, karena tidak tahu kedepannya akan ada pemotongan gaji. Perilaku konsumen masyarakat Indonesia yang meningkat pada saat Work From Home yang paling tinggi adalah di sektor Entertainment dan belanja online.

Berdasarkan data tingkat optimisme masyarakat Indonesia tetap tinggi. Omar mengatakan pemerintah saat ini masih belum memutuskan untuk fokus ke ekonomi atau ke kesehatan. Dan apabila difokuskan ke salah satu akan berdampak kepada salah satunya. Namun peningkatan ekonomi tidak akan bisa apabila lockdown selamanya. Mau tidak mau harus membuka lockdown seperti contohnya Amerika, Singapura, dan lain-lain.

Top 5 Saham Layak Untuk Investasi

pasar modal

Beberapa saham yang direkomendasi untuk di investasikan ada sektor perbankan BRI dan BCA, sektor telekomunikasi TLKM, sector healthcare yang tidak kalah menarik tentunya menjadi bagian ekonomi yang penting karena pandemi COVID-19. Beberapa sektor lainnya dilihat dari fundamental cocok untuk investasi jangka panjang, Disarankan juga apabila ingin berinvestasi jangka pendek saham-saham yang direkomendasi lebih dari cukup.

Tips Masuk Industri Pasar Modal Saat New Normal

strategi investasi
  • Lihat perusahaan-perusahaan yang akan survive, yang memang terbaik dari sisi sektornya.
  • Harus defensive dalam short-term, melihat perkembangan masuknya vaksin.
  • Market leader / perusahaan-perusahaan yang nomor 1 di sektornya, rata-rata memiliki balance sheet yang kuat dan bisa menahan di masa New Normal saat ini.
  • Jangan masuk ke perusahaan-perusahaan yang memiliki hutang tinggi.
You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu