Mengenal Lebih Jauh Tools Investasi di Pasar Modal

Tools Investasi

Halo Sobat Sertifikasiku, sebelum memulai berinvestasi tentunya kalian harus mengenal lebih dulu tools investasi di pasar modal. nah, Sertifikasiku kali ini akan membantu kalian memberikan informasi mengenai tools investasi di pasar modal. Untuk memperoleh atau mencapai suatu keinginan pastinya membutuhkan finansial yang cukup. Terkadang kebutuhan dan gaya hidup tidak bisa terpenuhi akibat adanya keterbatasan finansial. Seperti kita ketahui sifat manusia yang tidak pernah puas, maka kebutuhan manusia juga semakin bertambah. Kebutuhan dan keinginan inilah yang mendorong kita untuk tetap mencari kesempatan memperoleh finansial yang cukup atau yang biasa disebut kebebasan finansial.

Menghadapi tingkat inflasi yang terus meningkat, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan berinvestasi. Nahh bagaimanakah cara investasi saham dan tujuan investasi yang benar? Apa sajakah pendekatan dan tools yang investasi di pasar modal? Dan Apa Strategi dalam investing dan trading?

Pada Webinar #FINFEST, Founder Ellen May Institute & EM Trade Ellen May yang memiliki pengalaman di pasar modal sejak 2007 dan survive di krisis 2018 berbagi ilmu mengenai tools investasi di pasar modal dan kiat-kiat cuan di masa pandemik kepada Sobat Sertifikasiku.

Strategi Investasi dan Trading Saham

Investasi di Pasar Modal

Ellen May menjelaskan umumnya ada dua jenis strategi saham yaitu investing dan trading. Masing-masing dari strategi investasi itu juga memiliki 2 metode. Tujuan dari kedua strategi ini juga berbeda. Tren saham jangka panjang, harga saham jangka panjang ditentukan oleh perusahaan menghasilkan laba. Artinya sebuah perusahaan berfundamental baik pertumbuhan labanya naik atau bertumbuh minimal 5 tahun. Adapun perbedaan untuk seorang investor yang tujuan berbisnis naik turunnya suatu saham tidak menjadi masalah dan biasanya menggunakan strategi investasi dan untuk investor yang tujuannya trading naik turunnya saham menjadi kesempatan untuk memperoleh capital gain dan tidak berorientasi pada deviden.

Tools Analisis Saham

Seperti yang Sobat Sertifikasiku ketahui ada 2 tools dalam menganalisis saham, yakni teknikal dan fundamental. Fundamental analisis mencakup makro ekonomi, sektoral, dan mikro ekonomi sedangkan analisis teknikal mencakup harga dan volume. Hubungan yang terjadi pada analisis fundamental akan menjadi pengambilan keputusan dalam berinvestasi terutama untuk investor besar. Ellen May juga menjelaskan bagaimana hubungan antara harga dan Volume terhadap signal saham. Dalam Support dan Resisten terdapat cycle yang mengambarkan berapa lama 3 garis yang menggambarkan swing trade, super trade, dan investing.

Ellen May juga mengakhiri webinar #FINFEST2020 dengan berpesan:

“Dalam berinvestasi dalam bidang apapun baik bisnis jadilah seperti kura-kura jangan seperti kancil atau kelinci, kura-kura jalan lambat tapi dia berprogres sedangkan kancil berlari kecang tapi akhirnya kelelahan dan berpikir dia sudah jauh berprogres namun akhirnya kalah” , katanya.

Masih ada lagi tools investasi di pasar modal yang dapat digunakan para investor maupun trader, Ellen memberikan informasi tersebut pada webinar FINFEST 2020. Untuk informasi selanjutnya kalian bisa cek ke youtube Sertifikasiku sekarang juga ya. Atau untuk kalian yang ingin mengetahui lebih dalam cara investasi saham di pasar modal dan mengenal tools investasi di pasar modal dapat mengikuti pelatihan sertifikasi kompetensi Analisis Efek Madya (RSA) di Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu