Prospek Karir dan Investasi di Pasar Modal

Prospek Karir dan Investasi di Pasar Modal

Hallo Sobat Sertifikasiku, taukah kalian untuk menjadi tenaga kerja ataupun seseorang yang professional di suatu bidang membutuhkan pengakuan bahwa seseorang itu memiliki keterampilan dan kemampuan. Di dunia kerja saat ini seseorang tidak dapat mengklaim dirinya ahli di suatu bidang tanpa adanya sertifikasi keahlian atau sertifikasi profesi. Ini mendorong kesadaran orang-orang mengenai pentingnya sertifikasi sebagai modal dalam berkarir.

Prospek karir di pasar modal saat ini sangat luas dan terbuka bagi milenial. Namun sebelum masuk di pasar modal membutuhkan persiapan yang matang dan literasi yang cukup untuk bersaing. Dan yang utama memiliki sertifikasi atau lisensi berkompeten di profesi pasar modal. Bagaimanakah peluang saat ini untuk berkarir di pasar modal? Apa sajakah strategi yang perlu dipersiapkan sebelum masuk dunia pasar modal?

Pada Sesi Webinar #FINFEST, Plt. Ketua Umum Propami Aji Mortono dan seorang penulis sekaligus praktisi pasar modal Lucky Bayu Purnomo berbagi ilmu dan pengalaman mereka mengenai prospek karir dan investasi di pasar modal kepada Sobat Sertifikasiku. Melalui video webinar yang bisa kalian tonton di Official Channel Youtube Sertifikasiku yang berjudul “[Day-2 Finfest 2020] Prospek Karir dan Investasi di Pasar Modal.”

Kondisi Ekonomi di Masa Pandemi saat ini

Prospek Karir di Pasar Modal

Lucky Bayu Purnomo menjelaskan saat ini berdasarkan data GDP Indonesia sebesar 2,97 % sebelumnya berada dikisaran 5%. Selama 5 tahun sebelumnya berada di rata-rata 5% karena pandemik saat ini mengakibatkan adanya koreksi sehingga menyebabkan GDP mengalami pelemahan. Namun sebenarnya Indonesia dalam pandangan APBN masih disumbang dari kegiatan ekspor dan impor. Koreksi yang terjadi pada ekonomi ini harus menjadi landasan Sobat Sertifikasiku dalam menentukan strategi berinvestasi.

“Covid-19 akan bersifat temporer untuk mempengaruhi kondisi saat ini”, kata Lucky pada sesi Webinar #FINFEST.

Peluang berkarir di pasar modal

Peluang berkarir di Pasar Modal

Menurut Aji Mortono, industri pasar modal saat ini masih terbuka luas bagi generasi milenial namun terkendala akibat adanya perkembangan teknologi yang mulai beralih dari offline ke online. Bagi milenial yang ingin berkarir di pasar modal harus mengerti literasi yang mengenai pasar modal. Tentunya ada persyaratan yang dipenuhi yaitu sertifikasi profesi yang menunjukan seseorang itu sudah berkompeten dan ahli dibidangnya. Sertifikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk masuk ke dunia profesi atau dunia kerja, tapi juga sebagai penambah wawasan dan pengetahun bagi milenial. Jadi tidak hanya terbatas bagi milenial yang memiliki background pendidikan ekonomi atau bisnis, tetapi terbuka untuk semua kalangan.

Strategi untuk masuk ke dunia pasar modal

Strategi untuk masuk ke dunia pasar modal

Dalam memasuki dunia pasar modal, lucky membagikan strategi jitu bagi Sobat Sertifikasiku:

  1. Tujuan orang bijak dalam menentukan keputusan kali pertama bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk menghindari rasa sakit.
  2. Kita tidak dapat menghapus masa lalu, tetapi kita dapat menulis masa depan.

Aji Martono juga menambahkan bahwa dunia pasar modal itu seperti kantor berita artinya tidak bisa tertinggal berita terkini. Dalam berprofesi harus dapat menempatkan diri sesuai sertifikasi profesi yang dimiliki. Bagi mahasiswa yang sedang S1 atau S2 yang sedang atau sudah mengambil sertifikasi profesi ini menjadi modal untuk melangkah. Seperti sertifikasi RSA tidak hanya bisa masuk di sektor pasar modal saja tetapi bisa di berbagai sektor lainnya.

You might also like
Tags: , , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu