Mengenal Tugas Pokok dan Tanggung Jawab HRD Perusahaan

Mengenal Tugas Pokok dan Tanggung Jawab HRD Perusahaan

Tugas HRD perusahaan kerap kali menjadi pertanyaan yang banyak ingin diketahui oleh semua orang ketika sedang melamar pekerjaan. HRD ini memiliki peranan penting dalam suatu organisasi supaya berjalan pada rulesnya dan tujuan perusahaan dapat tercapai.

Pada saat pertama kali ingin melamar pekerjaan, tentu saja Anda akan langsung menuju ke HRD dalam suatu perusahaan. Segala macam bentuk dari rangkaian seleksi atau pun rekrutmen karyawan akan segera dilaksanakan oleh departemen tersebut.

Namun, perlu untuk Anda ketahui bahwa HRD dalam perusahaan ternyata tugasnya bukan hanya untuk merekrut karyawan saja. HRD ini mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab HRD yang berhubungan langsung dengan seluruh karyawan yang bekerja dalam perusahaan.

Mengenal Lebih Dekat dengan Apa Itu HRD Dalam Perusahaan

Mengenal Lebih Dekat dengan Apa Itu HRD Dalam Perusahaa

Pekerjaan HRD ini merupakan suatu singkatan dari human resources development, yang mana memiliki arti sebagai manajemen sumber daya manusia. SDM atau tenaga kerja menjadi asset berharga dalam perusahaan.

Tanggung jawab maupun job desc HRD pun termasuk di dalamnya. Yaitu melindungi perusahaan darri berbagai masalah yang bisa saja muncul pada nagkatan kerja.

Seperti merekrut karyawan baru, pemberhentian pegawai, memberikan kompensasi dan tunjangan, serta selalu taat dan mengikuti undang – udang yang bisa memengaruhi perusahaan maupun karyawan.

Sehingga dibutuhkan Sertifikasi HRD dalam divisi ini untuk mengelola Tugas dan tanggung jawab HRD ini agar dapat memaksimalkan produktivitas para karyawan. Sertifikasi HRD bertujuan supaya pegawai mampu bekerja, selalu menjaga komitmen serta semangat dalam bekerja.

Baca juga : “Cara Cepat Dan Mudah Diterima Jadi Karyawan

Wajib Diketahui Inilah Tugas HRD Perusahaan

Wajib Diketahui Inilah Tugas HRD Perusahaan

Peran dan fungsi HRD dalam perusahaan memang sangat penting karena seorang HRD ini akan memelihara, meningkatkan, serta menganalisa masing – masing kinerja dari para karyawan.

Mengetahui besarnya peranan dan fungsi HRD ini mendapatkan hak otoritas yang cukup tinggi serta berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang sesuai dalam perusahaan.

  1. Melaksanakan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Baru

Tugas HRD perusahaan seperti yang sudah diketahui adalah mencari calon karyawan yang berpotensi dan sesuai dengan kualifikasi supaya dapat ditempatkan pada posisi yang telah ditentukan.

Untuk proses seleksi ini biasanya dilihat dari CV calon pegawai, tes tertulis hingga interview kerjaan. Seseorang dalam pekerjaan HRD harus dapat menganalisa apakah calon tersebut benar – benar memiliki kompetensi yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

  1. Tugas HRD Perusahaan Memberikan Pelatihan dan Pengembangan Pada Karyawan

Produktivitas karyawan adalah kunci utama dari perusahaan supaya berjalan sebagaimana mestinya. Bila produktivitas pegawai perusahaan meningkat, maka akan berkembang lebih pesat lagi.

Namun sebaliknya, bila menurun maka menurun juga perusahaan dalam segala aspeknya. Seorang yang memiliki sertifikat HRD harus bisa memberikan pelatihan tentang pekerjaan atau job desk yang dibutuhkan oleh para karyawan.

Memberikan arahan kepada karyawan agar sesuai dengan visi misi perusahaan, serta menjamin dari pengembangan mutu para pegawai di dalam perusahaan tersebut.

  1. Perlindungan dan Kompensasi Kepada Karyawan

Pekerjaan HRD bukan hanya melakukan tugas yang memberikan keuntungan kepada perusahaan saja, namun harus bisa memberikan perlindungan sepenuhnya kepada seluruh karyawan.

HRD wajib memperhatikan kesejahteraan para pegawai perusahaan, salah satunya adalah besaran gaji atau upah yang sesuai dengan kinerja dan tanggung jawab yang sudah dibebankan kepada tenaga kerja.

Selain itu juga, pekerjaan HRD bisa juga mempertimbangkan rentang waktu karyawan yang sedang bekerja dan menentukan besaran gaji yang akan diberikan. Hal ini pun terlihat dari loyalitas yang dimiliki oleh karyawan terhadap perusahaan.

Tugas HRD perusahaan memang begitu penting untuk menjaga kestabilan serta pengambilan keputusan yang dapat menentukan nasib dari perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, sertifikasi HRD memungkinkan untuk ke depannya anda akan menghasilkan pekerjaan HRD yang lebih baik untuk perusahaan.

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut materi pembelajaran Sertifikasi Human Resource Officer, anda dapat mengunjungi website Sertifikasiku.

You might also like
Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu