Strategi Digital Marketing yang Dapat Menarik Pelanggan

pelatihan digital marketing

Digital marketing adalah proses mempromosikan sebuah produk atau bisnis Anda secara online melalui beberapa cara. Terdapat banyak sekali cara untuk melakukan pemasaran secara online ini.

Digital marketing menurut para ahli Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009) adalah kegiatan pemasaran termasuk branding dengan menggunakan berbagai media. Sebagai contoh seperti website, blog, email, hingga media sosial.

Sebelumnya, kegiatan pemasaran hanya dapat dilakukan melalui beberapa cara konvensional saja. Seperti memasang iklan pada televisi, kolom iklan koran dan menyebarkan brosur-brosur langsung ke pelanggan.

Seiring munculnya pemasaran secara online banyak lembaga yang menawarkan pelatihan digital marketing. Tentu belajar digital marketing tidak mudah dan membutuhkan waktu serta jam terbang untuk menguasainya.

Memang terdengar mudah untuk melaksanakan kegiatan pamasaran online ini. Tetapi bukanlah hal yang mudah untuk menjadi seorang profesional digital marketer yang bisa diakui oleh perusahaan.

Untuk menjadi seorang Digital Marketer yang baik disarankan untuk belajar tentang ilmu dasar pemasaran online. Hal tersebut bisa dilakukan dengan belajar mandiri atau mengikuti pelatihan digital marketing langsung dari ahlinya.

Baca juga : Yuk Ketahui Job Desk Digital Marketing Di Perusahaan

Tips Digital Marketing yang Bisa Dilakukan

belajar digital marketing

Seperti yang sudah disebutkan oleh Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan beberapa tips untuk melakukan pemasaran secara online. Seperti menggunakan adwords, website, blog, email dan sosial media.

1. Memanfaatkan sosial media untuk pemasaran online adalah hal wajib

Dimana pengguna sosial media di Indonesia sendiri sudah banyak dengan berbagai jenis sosmed. Seperti Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya. Pelajari dan buat workflow digital marketing process dengan tepat. Jika sudah sesuaikan konten dengan target pelanggan Anda secara rutin.

2. Menggunakan pemasaran melalui email

Cara yang dilakukan oleh seorang digital marketer ini adalah dengan cara yang lebih personal. Dengan menggunakan trik tertentu, bisa membuat pelanggan untuk menyetujui jika dikirimkan promosi tentang produk Anda. Dengan database email tersebut, tinggal berikan pengaturan jika terdapat update baru akan otomatis mengirim email pemberitahuan ke pelanggan. Trik tersebut bisa Anda dapatkan jika mengikuti pelatihan digital marketing.

3. Menggunakan pemasangan iklan berbayar

Dimana strategi digital marketing ini dengan menyewa jasa ads seperti google ads dan social media ads. Tentu cara ini memang membutuhkan biaya lebih. Tetapi jika pemilihannya tepat maka bisa memberikan hasil yang maksimal. Maka diperlukan belajar digital marketing agar bisa memahami kebutuhan pemasaran produk tersebut.

Pentingnya Memiliki Sertifikasi Digital Marketing

pelatihan digital marketing

Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini, sudah banyak cara bisa ditempuh untuk menghubungkan produk Anda dengan pelanggan. Seperti menggunakan strategi digital marketing yang tepat agar lebih efektif.

Dengan semakin gencarnya penggunaan pemasaran online untuk memperkenalkan produk atau jasa. Saat ini seorang Digital Marketers sangat dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan. Dan menjadi Digital Marketers merukan jenis pekerjaan yang cukup menjanjikan dimasa sekarang hingga beberapa tahun kedepan. Akan tetapi banyakan kebutuhan tidak diimbangi dengan skill yang mumpuni, terlebih di jenjang kuliah saat ini masih sedikit jurusan yang fokus kepada pemasaran digital. Oleh karena itu Sertifikasi Digital Marketing merupakan salah satu solusi sebagai pengakuan bahwa seseorang mampu mengelola pemasaran secara online.

Sertifikasi tersebut tentu dilakukan oleh lembaga yang sudah terpercaya dan resmi. Dengan begitu pengujian dan pelatihan digital marketing diberikan oleh para tenaga ahli dalam bidang pemasaran online. Mempunyai Sertifikasi Digital Marketing akan memudahkan sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan akan seseorang digital marketer yang profesional dan mumpuni.

Hampir semua sektor bisnis akan membutuhkan pemasaran online jadi mengikuti sebuah pelatihan atuapun sertifikasi digital marketing tidak akan merugi. Dengan mengikuti pelatihan tersebut kegiatan belajar pemasaran online akan menjadi lebih mudah.

Jadi mengikuti kegiatan belajar digital marketing yang diadakan oleh suatu lembaga sangatlah bermanfaat. Apalagi jika digunakan untuk mencari sertifikasi agar menjadi pekerja bagian pemasaran online bersertifikat.

Selain itu, untuk selalu update terkait perkembangan Digital Marketing, anda dapat mengetahui tips dan trik melalui blog-blog di internet secara otodidak. Atau bisa mencari kelas digital marketing untuk menambah wawasan tentang bidang pemasaran online.

Dan terakhir yang perlu diketahui adala, di era digital seperti sekarang ini, tidak sedikit juga para pekerja dan calon prakerja ingin terjun di dunia ini, termasuk pada profesi digital marketing. Mengingat daya saing nya yg ketat, melalui upaya dari pemerintah seperti pelatihan vokasi, program magang dan sertifikasi kompetensi, membantu masyarakat untuk bersaing di dunia profesional.

Nah, Sertifikasiku juga menyediakan pelatihan sertifikasi kompetensi Digital Marketing yang berstandar BNSP bagi kamu yang ingin jadi seorang digital marketers, yuk sobat Sertifikasikan Dirimu sekarang bersama Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu