Tips Membangun Strategi Personal Branding di Sosial Media

strategi personal branding

Bagi perorangan atau para pelaku industri, personal branding adalah faktor yang perlu mendapat perhatian khusus. Memasarkan skill adalah suatu hal, sedangkan branding adalah hal lain yang juga memiliki peran besar dalam kesuksesan karir Anda.

Meraih kesuksesan karir memerlukan banyak pemikiran sebagai strategi mencapai tujuan serta visi misi pribadi. Bukan hanya fokus pada peningkatan keterampilan, Anda juga perlu memikirkan image atau citra yang ingin dibangun.

Sehingga audiens atau konsumen memiliki pemahaman serta pandangan terhadap diri Anda sesuai citra yang dibangun. Inilah yang disebut dengan contoh personal branding bagi seseorang untuk meningkatkan karirnya di berbagai industri.

Sayangnya, membangun merek pribadi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu memiliki strategi jitu untuk mencapai tujuan tersebut. Kali ini kami akan membagikan bagaimana membangun strategi dalam personal branding.

Baca Juga : “Pentingnya Personal Branding Di Tahun 2021”

Mengenal Apa Itu Personal Branding

strategi personal branding

Personal branding dapat didefinisikan sebagai upaya untuk menciptakan personal atau citra Anda di depan publik melalui serangkaian strategi tertentu. Membangun merek pribadi pada dasarnya adalah seni mengkomunikasikan tujuan Anda kepada audiens.

Ini melibatkan beberapa aspek utama, seperti nilai-nilai, tujuan, hingga pengalaman suatu entitas. Branding bukan hanya diperlukan oleh badan perusahaan saja. Akan tetapi juga penting bagi individu untuk menunjang karirnya sesuai industri yang digeluti.

Pada hakikatnya, personal branding bertujuan supaya publik memiliki persepsi yang sama sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sejumlah strategi personal branding yang efektif melalui berbagai jalur.

Keterampilan dalam mengemas citra diri memainkan peranan penting dalam personal branding. Teknik komunikasi dalam membangun merek pribadi yang dilakukan dengan baik dapat mewakili Anda secara tepat dan utuh.

Strategi Personal Branding di Sosial Media

strategi personal branding

Sosial media adalah saluran internet yang begitu diminati oleh pengguna internet. Hampir semua orang kini mempunyai akun media sosial di mana mereka dapat terhubung dengan dunia secara online.

Platform ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu media membangun merek secara efektif. Berikut ini beberapa strategi yang bisa diaplikasikan dalam membangun merek pribadi melalui media sosial.

  1. Konsisten dengan Nama yang SamaSalah satu strategi personal branding paling penting di media sosial adalah dengan memakai satu nama yang sama. Gunakan nama yang mewakili merek Anda secara kuat.

    Penggunaan nama sama secara konsisten di semua akun sosial media juga memudahkan audiens dalam menemukan merek Anda. Konsistensi ini dapat menciptakan branding yang kuat dan mudah diterima publik.

  2. Update Konten sesuai PassionKonten adalah kunci jika menggunakan sosial media sebagai platform membangun branding Instagram atau media sosial lainnya. Temukan apa passion Anda dan bagaimana brand Anda ingin dilihat oleh audiens.

    Mengunggah konten dengan muatan nilai-nilai, pengalaman, kisah dapat menciptakan persepsi publik terhadap merek Anda. Karena, konten merupakan representasi untuk merek pribadi.

    Salah satu upaya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengikuti kelas “Cara Mudah Dan Berhasil Dalam Menulis Copywriting” di Sertifikasiku. di kelas ini anda akan belajar menulis Copywriting untuk konten yang ingin dibuat, serta tips dan trik membuat konten dan menulis Copywriting sehingga menarik orang lain.

  3. Mencantumkan Testimoni dari Orang LainTestimoni merupakan suatu bentuk pengakuan dari orang lain terhadap hasil kinerja maupun karya seseorang. Gunakan platform sosial media untuk ‘memamerkan’ karya foto atau desain untuk memperkuat branding Instagram.

    Sementara bagi individu dengan karir non kreatif dapat memanfaatkan media sosial LinkedIn. LinkedIn bukan hanya bisa digunakan untuk menunjukkan profil profesional Anda di pekerjaan. Tetapi juga dapat menerima testimoni atas skill Anda.

Contoh Personal Branding di Sosial Media

strategi personal branding

Sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, hingga Pinterest memiliki peluang potensial dalam membangun merek pribadi. Salah satu orang yang sukses membangun mereknya di Instagram adalah Jenna Kutcer.

Ia merupakan seorang fotografer, podcaster, dan juga pendidik asal Amerika Serikat. Jenna memotret acara perkawinan. Namun ia tidak selalu memajang hasil foto pengantin tetapi juga potret menarik lainnya diserta caption inspiratif.

Anda bisa menjadikan ini sebagai inspirasi dalam membangun merek pribadi. Jangan lupa menyertakan call to action untuk menghubungkan audiens dengan Anda secara mudah. Ini adalah tips branding Instragram yang jitu.

Dalam melakukan branding di Instagram memang bukan hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri. Tapi juga bisa dilakukan jika anda memiliki usaha sendiri untuk branding produk anda. Adanya persaingan dalam dunia bisnis membuat kita saling gencar dalam memperkanalkan produk ke masayarakat luas, contohnya melalui digital. Maka dari itu dibutuhkan pembuatan identitas brand agar konsumen mengingat produk kita.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu