Untuk Kamu Para Investor, Yuk Pahami Perbedaan Analisis Fundamental Dan Teknikal!

analisis fundamental dan analisis teknikal

Dunia saham saat ini sedang menjadi tren baru di kalangan anak muda khususnya generasi milenial. Banyak dari kalangan milenial sudah merencanakan keuangan di usia dini. Untuk menjadi milenial yang melek saham kita tentu harus membekali diri dengan pengetahuan dan bagaimana transaksi dalam melakukan investasi saham.

Untuk menjadi seorang investor yang sukses pastinya banyak yang harus diperhatikan. Saat melakukan investasi saham tentu kalian perlu melakukan analisis, ini sangat berguna untuk mengambil keputusan sebelum membeli saham. Analisis yang biasanya digunakan para investor adalah analisis fundamental dan teknikal.

Buat kalian para investor sebelum melakukan pembelian saham, ini dia perbedaan analisis fundamental dan teknikal :

Baca juga : “Kondisi Pasar Modal Dan Strategi Investasi Di Masa New Normal”

Analisis Fundamental

  • Berkaitan dengan dasar-dasar ekonomi, neraca & laporan laba rugi.

  • Hasil analisis tidak bisa langsung terlihat secara real time.

  • Cocok untuk konsep investasi.

  • Dengan analisa fundamental investor biasanya beli saham saat harga turun dari yang seharusnya.
  • Analisa saham dari sisi fundamental memiliki sisi fleksibilitas terbatas.

Secara garis besar, analisis fundamental saham adalah analisis yang berdasarkan pada faktor-faktor fundamental perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan industri. Penjelasan mengenai analisis fundamental lebih dalam bisa kamu cek disini ya sob.

Analisis Teknikal

  • Berkaitan dengan laporan keuangan sampai ke rasio-rasionya.

  • Menggunakan chart yang bisa diambil mingguan, harian, bahkan per jam.

  • Cocok untuk konsep trading.

  • Dengan analis teknikal trader bisa beli saham dengan melakukan perhitungan dan membeli saat  yakin saham tersebut bisa dijual lebih tinggi.
  • Analisa saham dari sisi teknikal, karena hanya melihat grafik terkadang trader tidak tahu kondisi sebenarnya perusahaan.

Sedangkan secara garis besar, analisis teknikal saham adalah berdasarkan pada pola pergerakan harga saham dari waktu ke waktu. Cek disini untuk info lengkap mengenai analisis teknikal!

Sebenarnya… analisa apa yang lebih baik untuk digunakan?

Masing-masing analisa punya keuntungannya sendiri ya sob. Baik itu perbedaan analisis fundamental dan teknikal tidak ada yang lebih baik. Namun, dilihat dari penjelasan dan rangkuman di atas analisis fundamental saham pas digunakan untuk investor yang ingin berinvestasi jangka panjang. Sedangkan analisis teknikal saham analisis teknikal saham sangat cocok untuk mengamati pola-pola seperti data pasar, harga saham dan untuk investasi jangka pendek.

Kalau kalian ingin tau lebih banyak tentang kedua ilmu tersebut, kalian bisa loh ikut kelas Sertifikasi Kompetensi RSA, disitu bakal banyak banget pemahaman tentang Analisis Fundamental dan Sertifikasi Kompetensi RTA untuk Analisis Teknikal.

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu