Alasan Pentingnya Analisa Fundamental Saham untuk Kamu Pelajari

Analisa Fundamental Saham

Saat ini Investasi saham sangat diminati oleh lapisan masyarakat, terlebih kaum milenial yang saat ini sudah banyak menjadi Investor saham. Akan tetapi banyak sekali dari mereka sering mengabaikan menganalisis saham dalam menentukan emiten (perusahaan yang tercatat di BEI) yang ingin di beli. Alhasil yang terjadi adalah bukannya untung malah merugi.

Padahal secara umum, kita mengenal teknik dalam menentukan saham yang akan dibeli, yaitu Analisis Fundamental dan Analisis Teknikal. lebih jauh lagi Analisis Fundamental untuk jangka panjang atau sering digunakan oleh para investor dan Analisis Teknikal untuk trading dan para trader lah yang sering menggunakan Analisis Fundamental ini.

Belajar analisa saham akan memberikan arahan terkait dengan perusahaan yang dipilih. Khususnya bagi Anda yang baru mencoba berinvestasi saham agar tidak salah pilih perusahaan sehingga terhindar dari kerugian. Dalam artikel ini kita akan lebih jauh belajar apa itu Analisa Fundamental.

Analisa fundamental saham menjadi bagian penting yang perlu dipelajari para investor pemula. Melalui analisis yang dilakukan akan memberikan informasi saham dari sebuah perusahaan sehat atau tidak.

Analisa fundamental adalah sebuah teknik analisis saham yang berfokus pada beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut seperti kinerja perusahaan, persaingan usaha, industri, keadaan ekonomi makro ataupun mikro.

Penting juga mengetahui cara membaca fundamental saham agar bisa lebih memahaminya. Membaca dengan tepat akan menghindarkan Anda dari pembelian saham yang tidak layak untuk dibeli.

Baca Juga : Yuk Pahami Perbedaan Analisis Fundamental Dan Teknikal!

Cara Analisa Fundamental Saham yang Bisa Dilakukan

Analisa Fundamental Saham

Melakukan analisa seputar saham memang diperlukan cara tersendiri sehingga mendapatkan informasi yang sesuai. Berikut ini beberapa cara sebagai rahasia analisis fundamental saham yang bisa dilakukan.

  1. Pilih perusahaan bagus dan solid
    Tentunya hal ini berhubungan dengan kinerja keuangan yang sudah terbukti dan prospek masa depan perusahaannya. Anda bisa memanfaatkan kinerja masa lalu untuk menilai baik buruknya perusahaan.
  2. Acuan harga saham yang sesuai
    Analisa fundamental saham dilakukan untuk membeli saham dengan harga bagus. Karena itulah untuk menentukan saham murah atau mahal bisa menggunakan acuan tertentu agar tidak asal beli.
  3. Margin of Safety (MOS)
    Konsep ini digunakan untuk membuat prediksi yang berfungsi mengantisipasi ketidakpastian di masa depan. Tentunya ini disesuaikan dengan prediksi dan acuan harga yang mempengaruhi kejadian di masa depan.
  4. Menguasai laporan keuangan
    Laporan keuangan bisa diibaratkan sebagai kitab suci dalam analisa fundamental. Tentunya Anda perlu menguasai dengan baik cara membaca dan menganalisa laporan keuangan perusahaan sesuai dengan indikator tertentu.
  5. Perhatikan deviden
    Deviden merupakan pembagian keuntungan yang dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham sesuai persetujuan. Pembayaran deviden juga merupakan indikasi bahwa perusahaan sehat dengan cash-flow yang dimiliki kuat.
  6. Sumber informasi valid
    Sumber informasi, kinerja keuangan, latar belakang perusahaan dan hal penting lainnya perlu dari sumber terpercaya dan valid. Tentunya hindari situs yang bukan dari sumber resmi bursa efek Indonesia.

Selain itu, beberapa pelatihan sertifikasi juga perlu Anda ikuti agar memperoleh sertifikat yang sesuai. Begitu juga dengan perusahaan harus memiliki sertifikasi yang diperlukan oleh investor sebagai acuan.

Lihat Juga : Analisa Teknikal vs Analisa Fundamental ft Firman Siregar

Sertifikasi Saham yang Perlu Diperhatikan

sertifikasi saham

Memiliki sertifikasi saham menjadi bagian penting untuk melakukan analisa pasar. Seperti yang diketahui dalam satu decade terakhir pasar saham memiliki tren pertumbuhan yang terus meningkat.

Tentunya perkembangan pasar modal ini memerlukan orang-orang dengan keahlian di bidang ini. Tentunya orang ini sudah memiliki sertifikasi pasar modal sebagai bentuk pembuktian layak sebagai seorang analis.

Adanya sertifikasi pasar modal akan menghasilkan seseorang yang ahli dan profesional di bidang ini. Seseorang yang ingin memiliki profesi pasar modal diharuskan melengkapi berbagai sertifikasi saham yang diperlukan.

Berinvestasi pada saham memang sedang marak digemari di Indonesia. Karena hal itulah Anda sebagai investor pemula perlu mempelajari analisa fundamental saham untuk memilih perusahaan yang tepat.

Mempelajari ilmu dalam pasar modal ini bisa dari buku analisis fundamental saham yang bisa kita jumpai maupun di internet. Namun jika teori aja belum tentu cukup, maka kita perlu menambah wawasan kita dengan praktis ataupun melalui pengalaman orang lain. Dengan mengikuti pelatihan sertifikasi kompetensi analis efek untuk memperdalam ilmu mengenail analisa fundamental saham.

Sertifikasiku hadir untuk itu dengan menawarkan pelatihan Sertifikasi kompetensi Registered Securities Analyst (RSA) atau sertifikasi Analis Efek Madya yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Anda bisa belajar Analisis Fundamental lebih mendalam di kelas Sertifikasi Kompetensi RSA bareng Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Menu