Manfaat Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM

Manfaat digital marketing telah dirasakan oleh banyak pelaku bisnis, baik itu skala kecil hingga digital marketing di perusahaan raksasa sekalipun. Ini merupakan terobosan baru dalam teknik pemasaran di era digital dan internet yang sangat penting.

Usaha mikro kecil menengah termasuk salah satu unit bisnis yang mendapat keuntungan besar berkat adanya teknik pemasaran secara online. Oleh karena itu, penggunaan digital marking perlu dimaksimalkan oleh semua pelaku UMKM.

Lantas, apa saja manfaat pemasaran ini bagi pelaku UMKM? Apa saja strateginya agar mendapat hasil maksimal? Dan bagaimana caranya supaya bisa mengaplikasikan teknik pemasaran ini secara tepat? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : “Penerapan pemasaran digital yang dapat menarik banyak klien”

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Manfaat Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Era modern menghadirkan cara-cara baru dalam berbisnis, salah satunya yaitu melalui platform internet atau online. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika menerapkan strategi digital marketing.

  1.     Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu manfaat utama yang diperoleh pada pemasaran ini adalah Anda dapat terhubung dengan pelanggan kapan saja dan di mana saja secara online. Tinggalkan cara konvensional seperti berkeliling menemui pelanggan.

Melalui platform internet seperti media sosial, Anda bisa melakukan interaksi dengan pelanggan secara real time. Ini juga menguntungkan pelanggan karena mereka tidak harus datang ke lokasi usaha mikro kecil menengah Anda.

  1. Menekan Biaya Promosi

Keuntungan lain digital marketing untuk pemula yaitu pelaku UMKM bisa menekan biaya promosi. Dulu promosi dilakukan dengan mencetak brosur, spanduk, pamflet, dan lainnya. Kini Anda bisa meminimalisir biaya promosi dengan memanfaatkan platform online.

  1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Keuntungan lain dari strategi pemasaran ini yaitu usaha mikro kecil menengah dapat menjangkau konsumen secara luas. Bukan hanya satu daerah tertentu saja, melainkan dapat menjangkau seluruh Indonesia bahkan pasar internasional.

Memasang iklan berbayar di sosial media maupun website juga efektif untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Namun ini memerlukan skill khusus yang bisa Anda pelajari lewat pelatihan teknik pemasaran ini.

Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Teknik pemasaran online memang terkesan lebih mudah dibandingkan secara konvensional. Namun, ada beberapa strategi yang tetap harus diikuti dengan belajar digital marketing agar pemasaran berjalan optimal sesuai target.  Berikut ini strateginya.

  1.     Promosi di Sosial Media

Hampir semua pengguna internet memiliki akun sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Manfaatkan peluang tersebut untuk mempromosikan produk Anda secara online.

  1. Membangun Website Bisnis

Website bisnis adalah ‘senjata’ ampuh mendapatkan kepercayaan pelanggan. Optimalkan website bisnis Anda dengan meningkatkan SEO. Ini dapat meningkatkan kunjungan serta konversi penjualan.

Lihat Juga : “Prospek Karir Digital Marketing”

Pentingnya Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM

Manfaat Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Pada dasarnya semua orang bisa belajar digital marketing dengan mudah asalkan memiliki tekad kuat dalam mempelajarinya. Sayangnya, terkadang seseorang tidak mengetahui dari mana harus memulai.

Era digital menuntut para pelaku bisnis untuk beradaptasi dengan teknik pemasaran baru. Agar usaha UMKM Anda tidak kalah dari para kompetitor, maksimalkan skill dengan mengikuti pelatihan digital marketing.

Sehingga ia tidak mempunyai pandangan dan pedoman jelas dalam mempelajarinya. Inilah pentingnya pelaku UMKM mengikuti sertifikasi digital marketing. Karena melalui sertifikasi ini, Anda bisa menjalankan strategi dengan efektif dan efisien.

Di samping itu, mengikuti sertifikasi tersebut secara serius dan berkelanjutan juga memungkinkan Anda menjadi praktisi pemasaran ini sebagai ekspert. Bukan mustahil Anda justru bisa menawarkan jasa tersebut.

Untuk efektivitas dalam mempromosikan produk usaha Anda, ada baiknya mengikuti pelatihan digital marketing yang nantinya akan dibimbing oleh para pengajar yang handal dan berpengalaman. Dengan begitu, hasilnya bisa lebih maksimal. Melalui sertifikasi digital marketing di Sertifikasiku, Anda akan dilatih cara mengoptimasi SEO sampai pada pembuatan konten melalui media sosial.

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu