Menjadi Trainer Berkompeten Masa Kini dengan Pelatihan Training of Trainer

Menjadi Trainer Berkompeten Masa Kini dengan Pelatihan Training of Trainer

Banyaknya orang saat ini yang menyangka kalau jadi trainer dapat dengan hanya belajar sendiri. Sementara itu, untuk bisa berhasil dalam pekerjaan trainer itu terdapat step by step nya. Salah satu yang berarti merupakan faktor utama yang butuh dipahami seseorang trainer. 

Melalui kelas yang tepat, para trainer akan lebih baik memberikan training kepada karyawan sehingga menunjang perkembangan perusahaan. Mengingat tantangan berbagai lembaga dan organisasi saat ini mengenai pelatihan dalam pemenuhan tuntutan industry. 

Kualitas dan perkembangan semakin banyak diperlukan baik oleh perusahaan besar maupun skala kecil, hal itu juga meningkatkan tuntutan memberikan pelatihan secara terus-menerus. Agar organisasi mampu memberikan solusi, trainer berkompeten sangat penting saat ini.

Baca juga : “Rahasia Pentingnya Training of Trainers dalam Perusahaan”

Mengapa Pelatihan Training of Trainers Penting?

Menjadi Trainer Berkompeten Masa Kini dengan Pelatihan Training of Trainer

Jika seseorang sudah selesai suatu kursus, pemahaman umum mungkin mereka mampu dan siap melaksanakan tugas untuk mengajar atau memberikan pelatihan. Tetapi kenyataannya itu tidak selalu demikian. 

Persepsi bahwa mengajar atau melatih semudah menyelesaikan kursus, maka efeknya tidak akan terlalu berdampak bagi karyawan perusahaan. Trainer mungkin paham jelas ilmu yang akan diajarkan, tetapi cara menyampaikannya itu butuh skill lain. 

Untuk meningkatkan keterampilan staf atau tenaga kerja yang ikut pelatihan, seorang trainer perlu terus ikut belajar untuk memperbaiki skill, mengubah keterampilan, atau sekalian untuk menambah metode terbaru demi efektivitas pelatihan. 

Mengingat perubahan era sekarang misalnya, pandemi membuat teknik mengajar membutuhkan cara lain, dan itu tidak hanya sekali coba langsung berhasil. Penyesuaian akan keadaan dan perubahan menjadi alasan trainer berkompeten butuh mengasah ilmunya.

Pekerjaan trainer bagaimanapun harus memiliki ilmu serta skill lebih banyak untuk dibagikan kepada peserta latihan. Keterampilan dasar tanpa perubahan hanya akan membuat perusahaan tidak maju, sehingga pengetahuan multi-level, soft skill, dan life skill wajib ada. 

Pengetahuan dan sumber informasi sebenarnya sudah tersedia lengkap di internet, namun peserta kadang tidak tahu menggunakan pengetahuan ini dengan semestinya. Saat inilah trainer menjadi mutlak penting untuk memberikan arahan, metodologi sesuai posisi mereka.

Tujuan Ikut Pelatihan ToT (Training of Trainer)

Menjadi Trainer Berkompeten Masa Kini dengan Pelatihan Training of Trainer

Dampak pandemi global yang masih terjadi, dan sepertinya perubahan industri semakin ke arah digital, maka pelatihan juga turut berubah menjadi virtual. Anda sudah dapat memberikan training atau ikut training secara online. 

Pelatihan ini juga ada sejumlah jenis, dan perbedaan masing-masing terletak pada asal bidang atau latar belakang perusahaan. Tidak hanya ada satu pelatihan ToT untuk dipilih, namun sesuai kebutuhan spesifik mereka.

Pelatihan di industri, pelatihan sebagian besar diberikan kepada supervisor, manajemen tingkat menengah, yang akan melatih pekerja mereka lebih lanjut. Namun, dalam ekosistem keterampilan, sebagian besar pelatih perlu dilatih.

Bukan sekedar pengetahuan dan pekerjaan tingkat dasar, masing-masing harus meningkatkan kemampuan agar mampu menyampaikan materi dengan efektif serta tepat sasaran, intinya trainer perlu terus latihan. 

Gabung pelatihan, para trainer diharapkan mampu membuat program pelatihan di perusahaannya. Itu semua mencakup kebutuhan mulai dari menentukan tujuan/kebutuhan, membuat rencana pelatihan, hingga memberikan evaluasi dari pengajaran. 

Peserta pelatihan Training of Trainer secara khusus ditujukan untuk supervisor, direktur, manajer, dan siapapun yang bertugas memberikan pelatihan di perusahaan atau tenaga pengajar lainnya seperti dosen dan trainer tertentu sekalipun bisa mengikuti program ini.

Banyak ilmu dan softskill yang dapat dibawa pulang setelah ikut sertifikasi trainer BNSP untuk kemajuan sebuah organisasi.

Kompetensi pekerjaan Training of Trainer merupakan faktor sangat penting untuk melakukan upgrade keterampilan serta pengetahuan tenaga kerja/peserta training. Itu membutuhkan teknik mengajar yang tepat dan beberapa kompetensi berikut:

  1. Kemampuan mengajar, menjadi fasilitator sekaligus instruktur untuk mengubah SDM di perusahaan lebih maju. 
  2. Kompetensi mengajarkan untuk problem solving pada peserta
  3. Mampu melatih peserta menggunakan strategi teknis yang tepat di pekerjaan masing-masing
  4. Pemahaman tugas trainer dan mampu merancang materi hingga memberi pelatihan dengan efektif, dll. 

Mengikuti kursus Training of Trainers merupakan bagian dari pengembangan diri pekerjaan trainer di sebuah perusahaan. Sekalipun ilmu dan keahlian sang trainer sudah bagus, kursus tetap masih perlu karena mengajar karyawan beda dengan hanya belajar. 

Trainer untuk menjadi pengajar atau guru yang berkualitas juga penting terus memperbaiki keterampilan bahkan ilmunya. Karena peran pentingnya, ikut sertifikasi trainer BNSP atau dari lembaga resmi yang terpercaya sebaiknya diikuti para trainer. 

Bila tertarik jadi seseorang trainers, Sertifikasiku selaku lembaga pelatihan menolong anda buat memperoleh Sertifikasi Kompetensi Training Of Trainers yang berlisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dengan menjajaki pelatihan diharapkan bisa mendukung skill kamu buat jadi seseorang fasilitator ataupun trainer yang bermutu. Ayo klik disini buat catatan pelatihannya!

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu