Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Profesi Human Resources

Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Profesi Human Resources

Profesi HRD memerlukan banyak kemampuan spesial semacam program pengembangan karyawan, ikatan industri, perundingan serta komunikasi, serta sebagainya. Pasti saja seluruh kemampuan tersebut tidak memerlukan waktu sedikit buat mencapainya. Beruntungnya, tidak sedikit pula lembaga yang memberikan pelatihan, seminar, serta kuliah umum untuk para praktisi HR buat mengasah pengetahuan serta kemampuannya. 

Pada tanggal 22 Juli 2019, Departemen Ketenagakerjaan Indonesia menghasilkan Pesan Edaran no M/5/HK.04.00/VII/2019, tentang Pemberlakuan Harus Sertifikasi Kompetensi terhadap Jabatan Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. 

Maka dari itu, diperlukan tenaga ber berpengalaman dan memiliki kompetensi sesuai standar yang ditetapkan. Untuk mengetahui kompetensi pada bidang tersebut, seorang karyawan atau calon karyawan dalam  profesi HR perlu memiliki sertifikat khusus yaitu sertifikasi kompetensi.. 

baca juga : “Mengenal Tugas Pokok dan Tanggung Jawab HRD Perusahaan”

Tujuan Sertifikasi Profesi HRD yang Perlu Diketahui

Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Profesi Human Resources

Sertifikasi merupakan proses untuk mendapatkan sertifikat melalui pembelajaran, pelatihan, uji kompetensi, hingga evaluasi di bidang yang digeluti. Profesi HR merupakan salah satu profesi yang perlu mendapatkan sertifikat.

Karena jabatan HR memiliki peran signifikan dalam sebuah perusahaan. Divisi ini adalah kunci manajemen sumber daya di perusahaan. Sehingga memerlukan tenaga profesional yang lulus uji kompetensi sesuai standar tertentu. 

Tujuan utama sertifikasi profesi HRD ialah mendapatkan tenaga profesional yang bukan hanya berpengalaman. Tetapi juga meningkatkan kompetensi serta kualitas kinerja HR. 

Tenaga human resource apabila mampu menunjukkan kinerja positif akan berdampak positif pula bagi perusahaan. Karena berhasil mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan secara optimal.

HR officer berkompeten mampu menyusun berbagai program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan secara efektif. Tenaga profesional bersertifikat juga memiliki penilaian baik sehingga perusahaan mendapatkan sumber daya terbaik dalam proses rekrutmen.

Manfaat Memiliki Sertifikat HRD bagi Profesional

Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Profesi Human Resources

Memiliki sertifikat resmi dari lembaga yang berwenang memberikan berbagai manfaat bagi profesional sebagai pemegang sertifikat tersebut. Manfaatnya antara lain:

1. Lebih Unggul dibanding Kompetitor Tanpa Sertifikat

Jika Kamu mendapatkan sertifikasi HR tentu saja memiliki nilai lebih dibanding orang lain yang tanpa sertifikat. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa Kamu memiliki kompetensi sesuai ketetapan standar. 

Ini membuka kesempatan lebih besar dalam bersaing di dunia kerja. Untuk itu, tidak ada salahnya Kamu mengikuti pelatihan HRD untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan tentu saja meningkatkan kualitas sebagai seorang profesional.

2. Potensi Gaji Lebih Tinggi

Tenaga profesional yang kemampuan serta kredibilitasnya sudah terbukti dan diakui tentunya akan mendapat kepercayaan lebih oleh perusahaan. Ini memungkinkan Kamu mendapat pendapatan lebih tinggi dibanding jika tidak memiliki sertifikat. 

3. Menunjang Karir Profesional

Seseorang yang telah mengikuti HR certification juga memiliki kesempatan lebar untuk mengembangkan karirnya lebih tinggi. Dengan memegang sertifikat ini, Kamu berkesempatan diterima kerja di perusahaan impian baik nasional hingga internasional.

Lihat juga : Mengenal Gaya dan Tipe Kerja HR Professional

Manfaat Pelatihan HRD bagi Perusahaan

Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Profesi Human Resources

Bukan hanya bagi tenaga profesional, memberikan pelatihan kepada HR officer juga mendatangkan manfaat bagi perusahaan. Ini dia beberapa manfaat memiliki tenaga HR bersertifikat.

1. Mendapatkan Kandidat Tenaga Kerja Potensial

HR officer bersertifikat berpengalaman dan mengerti bagaimana mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaan. Ini dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas perusahaan secara umum. Jadi, jangan ragu mendelegasikan HRD untuk mengikuti sertifikasi HR BNSP.

2. Program Pengembangan SDM Lebih Maksimal

HRD profesional dan berkompeten mampu menyusun program pengembangan karir hingga pelatihan bagi karyawan. Selain itu, kegiatan remunerasi berbasis kompetensi juga terlaksana secara optimal. 

Posisi Human Resource dalam perusahaan termasuk vital karena mengatur sumber daya manusia yang menjalankan kegiatan usaha.

Saat ini, Sertifikasiku menyediakan program pelatihan Sertifikasi kompetensi Human Resources (HRD) standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  untuk membantu kamu menjadi HRD yang kompeten.

Sertifikasi kompetensi Human Resources (HRD) di tujukan kepada kamu para HRD muda atau calon HRD yang dapat menjadi penunjang kamu dalam berkarir.

Setelah mengikuti pelatihan dan Uji Kompetensi lalu dinyatakan kompeten, maka diharapkan kamu dapat melakukan pengelolaan Administrasi Pekerja, menyeleksi dan mencari calon pekerja yang berkualitas, serta dapat melakukan administrasi pengupahan atau payroll dengan baik dan benar.

Untuk Kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut program pelatihan Sertifikasi Human Resource Officer, Kamu dapat mengunjungi website Sertifikasiku.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu