Manfaat Sertifikasi Kompetensi untuk Karyawan dan Calon Karyawan

sertifikasi bnsp

Mengetahui manfaat sertifikasi kompetensi untuk para karyawan dan calon karyawan sangatlah banyak. Sertifikasi kompetensi bagi karyawan akan membuat para karyawan memiliki kecakapan dalam keterampilan sesuai standar ketentuan.

Sertifikasi kompetensi untuk karyawan sendiri merupakan proses pemberian sertifikat untuk pemohon. Secara umum kegiatan ini dilakukan secara objektif dan sistematis melalui beberapa rangkaian uji kompetensi kerja.

Sertifikasi kompetensi untuk karyawan juga dianggap sebagai investasi dalam meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Para karyawan bisa mengikuti program pelatihan bersertifikasi sebagai salah satu bentuk kegiatannya.

Begitu juga untuk sertifikasi kompetensi calon karyawan sangat mendukung proses pelamaran dalam sebuah perusahaan. Karena hal itulah Anda perlu mengenal berbagai sertifikasi yang dapat diperoleh untuk mendukung pekerjaan.

Sertifikat kompetensi kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan berkaitan dengan keahlian yang sifatnya lebih umum. Sertifikasi yang bisa diikuti seperti sertifikasi BNSP yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Baca juga : Skill Penting Yang Harus Dicantumkan Di CV Tahun 2021

Mengenal Apa Itu Sertifikat Kompetensi Kerja

Manfaat Sertifikasi Kompetensi

Sertifikat kompetensi kerja ini merupakan sebuah pengakuan terhadap seorang tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan.

Dengan memiliki sertifikat ini, misalkan sertifikat profesional dari sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) badan resmi dari Pemerintah yang fokus pada program Sertifikasi Kompetensi, bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjalin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan oleh pemilik sertifikat.

Sertifikat kompetensi kerja ini penting dimiliki baik oleh pencari kerja, karyawan ataupun perusahaan. Misalkan untuk pencari kerja dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memiliki bukti bahwa kompetensinya telah diakui.

Untuk karyawan yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan dapat meningkatkan jenjang karir dan promosi yang lebih baik. Selain itu, untuk meningkatkan akses berkembang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Tentunya untuk perusahaan juga memberikan dampak baik seperti mengurangi kesalahan dalam bekerja dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, dapat lebih mudah dalam menerima karyawan yang mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Manfaat Sertifikasi Kompetensi yang Perlu Diketahui

Manfaat Sertifikasi Kompetensi

Memiliki sertifikasi kompetensi akan memberikan banyak manfaat bagi seorang karyawan. Berikut ini beberapa manfaat sertifikasi kompetensi yang bisa diperoleh oleh seorang karyawan untuk perusahaannya sendiri.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri
    Hal ini sangat berperan penting, terutama bagi fresh graduate yang akan melamar pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat kompetensi akan memberikan pembuktian kemampuan oleh penguji kompeten.
    Selain fresh graduate, untuk karyawan tetap juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya saat menjalankan tugas dari perusahaan. Karyawan akan merasa bangga karena kemampuannya sudah diakui dan bekerja dengan baik.
  2. Mampu mengukur kemampuan masing-masing
    Sertifikasi kompetensi akan membantu Anda menilai diri sendiri atas kemampuan yang dimiliki. Melalui hasil ujian, Anda bisa mengetahui sejauh mana keahlian Anda dan bisa dipertahankan hingga ditingkatkan menjadi lebih baik.
  3. Membantu akses untuk mengembangkan diri
    Ketika Anda telah memiliki sertifikasi, maka kemampuan Anda akan diakui secara global sesuai dengan bidang yang ditekuni. Bahkan, bisa meningkatkan peluang bekerja di perusahaan yang standarnya lebih tinggi.
  4. Memudahkan menyaring calon karyawan
    Ini merupakan manfaat untuk perusahaan yang ingin menyaring karyawan baru sesuai kompetensinya. HRD menjadi lebih mudah menemukan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dengan tepat.
  5. Meningkatkan produktivitas kerja
    Ketika Anda ingin menjadi seorang profesional, maka perlu mencapai level sertifikasi ini. Ujian biasanya dilakukan oleh lembaga sertifikasi serta diberikan pelatihan untuk menambah pengetahuan di suatu bidang.

Baca juga : Sertifikat x Sertifikasi! Nih, kenali perbedaannya!

Memenuhi standar kerja sebuah perusahaan akan membantu Anda dalam proses menentukan jenjang karir. Selain itu, masih banyak juga hal baik dan manfaat sertifikasi kompetensi yang bisa Anda peroleh.

Apalagi sekarang ini kalau gak ada buktinya pasti dibilang bohong/hoax. Berbicara keahlian memang kurang tepat kalau gak ada bukti tertulis dan secara sah resmi. Salah satu yang bisa anda andalkan untuk menunjukkan bukti keahlian adalah dengan sertifikasi.

Nah jika kalian bingung mencari pelatihan sertifikasi kompetensi, kalian bisa mengunjung sertifikasiku.com salah satu platform edukasi yang fokus pada beberapa produk sertifikasi kompetensi diantaranya adalah sertifikasi di Pasar Modal, Sertifikasi Manajemen Risiko, Sertifikasi Human Resources (HRD), Sertifikasi Training of Trainer (ToT) dan banyak lagi sertifikasi kompetensi yang ada di sertifikasiku. Sertifikasiku memberikan kemudahan dalam pembelajaran yaitu melalui online, baik pelatihan maupun uji kompetensi. dan semua berstandar dari Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP)

Nah, daripada dibilang pembohong terus mending tunjukin yuk bukti keahlian yang kamu miliki dengan sertifikasi kompetensi di Sertifikasiku

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu