Melihat Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia

Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia

Apakah yang ada didalam pikiran pencari kerja atau fresh graduate ketika ada yang menawarkan posisi kerja di perusahaan sekuritas atau di Industri pasar modal lainnya? dan apakah pasar modal Indonesia dikenal sebagai salah satu negara menarik profesional muda untuk mengembangkan karirnya?

Secara umum, pengetahuan tentang apa dan bagaimana perusahaan yang bergerak di bidang sekuritas atau di Industri pasar modal masih sangat kurang. Selain itu, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana perusahaan sekuritas atau di Industri pasar modal lainnya dapat menyelesaikan cita-cita pekerja potensial. Adanya ketakutan karena banyaknya berita simpang siur di media yang menyebutkan kalau ini sama seperti kegiatan berjudi.

Pasar modal adalah tempat melaksanakan aktivitas perdagangan, penjualan, maupun penawaran efek atau instrumen keuangan seperti saham (ekuitas), obligasi (surat utang), reksa dana, dan sebagainya.

Pasar modal alias capital market mempertemukan perusahaan sebagai pihak yang membutuhkan dana untuk menjalankan usahanya dengan para pemilik dana (investor). Melalui capital market, masyarakat dapat berpartisipasi dalam aktivitas perekonomian.

Misalnya memulai investasi saham, reksa dana, obligasi, maupun efek lainnya. Semua yang terlibat dalam capital market tentu saja perlu memiliki pengetahuan khusus. Bahkan, pelaku industri bidang ini perlu mempunyai sertifikat resmi.

baca juga : Prospek Karir dan Investasi di Pasar Modal

Peluang Karir Pasar Modal yang Menjanjikan

Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia

Capital market menyajikan aktivitas keuangan dan perekonomian yang begitu menarik. Di balik banyaknya aktivitas tersebut, pastilah terdapat tenaga kerja dengan kompetensi tinggi. Ini artinya, capital market menyediakan peluang karir menjanjikan.

Ada beragam peluang karir  di Industri pasar modal menjanjikan yang dapat Kamu jadikan sebagai profesi dengan prospek karir menjanjikan. Apa saja peluang tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Research Analyst

Research analyst juga kerap disebut investment analyst atau cukup dengan sebutan analis saja. Sesuai namanya, salah satu pilihan karir pasar modal ini bertugas melakukan analisis terhadap perusahaan beserta sahamnya yang diperdagangkan.

Tugas seorang analis nantinya akan membuat rekomendasi atau pandangan tertentu terkait hasil analisanya. Jika ingin menjadi analis, biasanya kamu harus memiliki background ekonomi serta keuangan kuat.

  1. Investment Banker

Prospek kerja lainnya yang juga menjanjikan di capital market adalah investment banker (IB). Tugas seorang investment banker adalah membantu perusahaan dalam memperoleh pendanaan baik melalui capital market maupun private financing.

Untuk berkarir sebagai investment banker, kamu perlu mengikuti sertifikasi pasar modal secara khusus. Sertifikat dari sertifikasi adalah bukti yang menunjukkan kompetensi seseorang sehingga bisa menjadi investment banker madya maupun utama.

  1. Fund Manager (Manajer Investasi)

Ini merupakan salah satu pilihan karir yang tidak kalah menariknya. Berkebalikan dengan investment banker, fund manager bertugas para investor dalam mengelola dana investasinya.

Di antara pekerjaan fund manager ialah mengelola serta membuat keputusan untuk portofolio pada efek reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan salah satu cara simpel berinvestasi di pasar modal dan cocok bagi investor pemula.

baca juga : Mengenal Pola-Pola atau chart pattern dalam Analisa Teknikal untuk mendapatkan Profit Maksimal

Pentingnya Sertifikasi Pasar Modal bagi Pelaku Pasar Modal

Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia

Pelaku industri capital market menjalankan beragam aktivitas terkait keuangan, aset efek, dan sebagainya. Sebelum menjadi pelaku aktif, seseorang tentunya wajib belajar pasar modal baik itu melalui pelatihan, seminar, dan sebagainya.

Sementara itu, ada beberapa skema sertifikasi pasar modal yang perlu diikuti oleh para tenaga kerja di bidang terkait. Sehingga ia bisa menjalankan tugasnya secara maksimal dan kompetensinya mendapat pengakuan.

Skema sertifikasi bagi pelaku industri capital market diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikasi Manajemen Portofolio

Sertifikasi pasar modal manajer portofolio ditujukan bagi para profesional yang mengelola portofolio pada industri capital market maupun jasa keuangan. Jenjang sertifikasi ini ada dua, yaitu Manajemen Portofolio Madya dan Utama.

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan aktivitas jual beli saham (ekuitas) perusahaan terbuka. Ini adalah salah satu aktivitas di pasar modal. Untuk mengetahui lebih banyak, kamu perlu belajar pasar modal lebih lanjut.

  1. Sertifikasi Analis Efek

Ini ditujukan bagi profesional yang bekerja sebagai analis efek. Kemampuan seorang analis efek dalam menganalisis efek baik secara teknikal maupun fundamental perlu dibuktikan melalui sertifikat, yakni Analis Efek Madya dan Utama.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang dua ilmu ini, SertifikasiKu memiliki pelatihan sertifikasi kompetensi di Analis Efek Madya (RSA), yang akan mempelajari ilmu fundamental dan Analisis Teknikal (RTA) yang akan membahas ilmu analisis teknis. Mempelajari pasar modal adalah bekal utama bagi Anda yang ingin terjun di bidang tersebut. Bukan hanya untuk berkarir sebagai tenaga profesional, mempelajari capital market juga penting bagi orang yang ingin investasi saham. Ayo sertifikasi diri Anda dan temukan informasi lengkap di website SertifikasiKu!

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu