Mengenal Pola-Pola atau chart pattern dalam Analisa Teknikal untuk mendapatkan Profit Maksimal

analisa teknikal saham

Literasi finansial yang kian meningkat membuat orang-orang semakin tertarik untuk investasi saham. Investasi adalah kegiatan menanamkan modal pada instrumen atau aset-aset tertentu seperti saham, emas, reksa dana, properti, maupun komoditas.

Saham sendiri menjadi salah satu aset yang paling banyak diminati investor, bahkan dari kalangan generasi millenial. Melakukan kegiatan penanaman modal ini memerlukan banyak skill, sehingga pelatihan pasar modal perlu diikuti.

Meski demikian, nyatanya investasi saham tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mengerti strategi serta cara membaca analisis seakurat mungkin. Sehingga dapat dijadikan pedoman dalam membuat keputusan dalam berinvestasi dan tentu mendapatkan profit atau biasa disebut cuan di pasar modal.

Memahami Apa Itu Analisa Teknikal Saham

analisa teknikal saham

Salah satu kunci keberhasilan dalam berinvestasi melalui aset pasar modal khususnya saham ialah strategi membuat keputusan-keputusan. Seorang investor tentunya tidak bisa membuat keputusan tepat jika ia tidak mampu melakukan analisis.

Dalam dunia pasar modal, ada dua jenis analisis penting yang harus dikenal dan wajib di pelajari yaitu Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal. Analisis Fundamental mengacu pada kondisi Finansial perusahaan, ekonomi secara umum, dan industri terkait.

Sementara Analisa Teknikal saham didefinisikan sebagai suatu analisa yang mengacu pada data harga saham secara historis. Cara ini dilakukan untuk memprediksi pergerakan harga suatu emiten (perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) di pasar saham.

Prediksi pergerakan harga dibaca dengan cara melihat grafik pergerakan harga berdasarkan historisnya. Dengan begitu, investor dapat membuat keputusan apakah akan membeli, menjual, atau menahan aset investasi saham yang ia miliki.

Analisa Teknikal ini digunakan oleh para Trader. Trader sendiri adalah Sebutan untuk mereka yang menjual dan membeli instrument investasi seperti saham, forex, dll.

Karakteristik dari para Trader adalah berinvestasi dalam jangka waktu pendek. Prinsip mereka yaitu membeli ketika harganya sedang turun dan menjual ketika harganya sedang meningkat.

Baca juga : “Alasan Pentingnya Analisa Fundamental Saham Untuk Kamu Pelajari”

Mengenal Pola-pola dalam Analisa Teknikal Saham

analisa teknikal saham

Dalam analisa teknikal saham, investor harus memahami bagaimana cara membaca chart pattern atau pola. Pola tersebut menggambarkan pergerakan harga dalam periode tertentu. Berikut ini pola-pola yang perlu Anda ketahui.

1. Pola Penerusan (Continuation Pattern)

Continuation pattern adalah chart pattern yang menunjukkan tanda-tanda penerusan harga aset pasar modal ini dari trend sebelumnya. Bentuk pola ini sangat bagus untuk melihat sinyal adanya koreksi harga sementara.

Pada teknik chart pattern ini, kemungkinan harga aset tersebut akan kembali seperti sebelumnya setelah adanya koreksi sementara. Kemampuan membaca chart pattern ini sangat penting untuk strategi trading Anda.

2. Pola Pembalikan (Reversal Pattern)

Reversal pattern adalah pola pembalikan, menunjukkan adanya sinyal yang mengindikasikan pembalikan trend. Secara umum, munculnya ada di puncak maupun dasar harga. Jika ingin terjun ke pasar modal, Anda harus mempelajari ini.

3. Bilateral Chart Pattern

Jika ingin belajar analisa teknikal saham secara tuntas, pahami juga bilateral chat pattern. Teknik ini lebih rumit karena sinyal harga bisa bergerak ke dua arah sehingga harus lebih jeli.

Lihat Juga : “Strategi Implementasi Analisa Teknikal”

Pentingnya Belajar Analisa Teknikal Saham

analisa teknikal saham

Sebelum berinvestasi di aset ekuitas, investor perlu banyak belajar bagaimana berinvestasi/trading di pasar modal. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan pasar modal. Karena ini adalah bekal penting untuk menyusun strategi investasi Anda selama beberapa waktu ke depan.

Dan dengan mengikuti pelatihan pasar modal Anda juga dapat menghindari kerugian dan tentu mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi di pasar modal.

Pada pelatihan pasar modal, Anda akan dibekali dasar-dasar berinvestasi di aset-aset permodalan. Namun ini tentu saja belum cukup. Terlebih aset ini adalah aset penanaman modal dengan risiko tinggi.

Dengan demikian, Anda perlu mempelajari cara menganalisa lebih lanjut. Sehingga strategi berinvestasi pada periode tertentu sukses memberikan profit maksimal. Secara umum, Analisa Teknikal banyak dipakai oleh para trader saham.

Trader harus memiliki kemampuan membaca pergerakan harga secara jeli agar mendapatkan profit dari transaksi jual belinya di stock market. Namun keuntungan sulit didapatkan jika tanpa prediksi kuat berdasarkan analisis terukur.

Bagi para investor jangka pendek atau trader, membaca pergerakan harga historis sangat membantu dalam menentukan target profit maupun cutloss. Agar tidak salah strategi, pastikan Anda memahami analisa teknikal saham secara benar.

Baik itu analisa fundamental maupun teknikal saham keduanya memiliki peran dalam menganalisa pergerakan saham yang biasa digunakan investor. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang kedua ilmu tersebut, Sertifikasiku memiliki pelatihan sertifikasi kompetensi Analis Efek Madya (RSA) yang akan mempelajari ilmu analisa fundamental & Teknikal Analis (RTA) yang akan membahas ilmu analisa teknikal. Yuk Sertifikasikan Dirimu dan cari tahu informasi lengkap di Sertifikasiku!

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu